go green
Recent Issues

Indonesia Yakin Timor Leste Jadi Anggota ASEAN

Indonesia Yakin Timor Leste Jadi Anggota ASEAN

07 Agustus 2013, 08:00:00

Andreas Gerry Tuwo - Okezone
Foto: dok.Asean

JAKARTA - Wacana tentang masuknya Timor Leste sebagai anggota ASEAN kembali merebak. Indonesia yang notabene salah satu negara pendiri organisasi negara asia tenggara menyatakan dukungan, penuh masuknya Timor Leste menjadi anggota ke 11 Asean.

Menurut Direktur Kerja Sama ASEAN I Gusti Agung Wesaka Puja mengatakan, "ada progres, tetapi masih harus diperlukan studi komperhensif mengenai tiga pilar yaitu politik keamanan, ekonomi dan sosial budaya yang akan mengakomodir keinginan Timor Leste menjadi anggota ASEAN."

Dibutuhkannya tiga pilar ini menurut wesaka merupakan dasar yang akan menentukan diterima atau tidak Timor Leste menjadi anggota ASEAN.

"Indonesia tetap berkomitmen menjadikan Timor Leste anggota ASEAN. Kita optimis tapi tinggal soal waktu bagaimana terus mempertahankan optimisme kita dan meyakinkan negara ASEAN lain untuk menjadikan Timor Leste menjadi anggota ASEAN," jelasnya kepada wartawan di Sekretariat ASEAN, Jumat (2/8/2013).

Keinginan Timor Leste menjadi anggota ASEAN bukan tanpa halangan. Beberapa negara anggota ASEAN menyiratkan penolakan mereka. Walaupun tidak bisa dipastikan negara mana saja yang menolak tetapi melihat kondisi dalam negeri Timor Leste kurang stabil dikhawatirkan masuknya Timor Leste malah akan melemahkan Asean.

Timor Leste merupakan negara pecahan dari Indonesia. Mantan propinsi ke-27 ini berpisah dari Indonesia 1999 lalu, ketika diadakan pemungutan suara dan jumlah rakyat yang ingin merdeka lebih banyak dari yang menerima otonomi khusus. (faj)

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Yemen`s Team Juara 1 Narotama Futsal Tournament Dies Natalis Universitas Narotama Ke-39 Yemen`s Team Juara 1 Narotama Futsal Tournament Dies Natalis Universitas Narotama Ke-39

24 Januari 2020, 02:13:10

Yemen`s Team tampil sebagai Juara 1 Narotama Futsal Tournament Dies Natalis Universitas Narotama (UNNAR) Ke-39 setelah unggul atas tim Gacor FC dalam pertandingan final yang berlangsung pada Sabtu, 18 Januari 2020 di lapangan futsal UNNAR. Penyerahan hadiah untuk para juara dilakukan oleh Presiden UNNAR Hj. Rr. Iswachyu Dhaniarti DS, ST, M.HP, yang juga dihadiri oleh Direktur Kemahasiswaan, Alumni & Tracer ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Tips Aman Bertransaksi dengan Mobile dan Internet Banking
26 Januari 2020, 09:00:13

Tips Aman Bertransaksi dengan Mobile dan Internet Banking Jakarta -- Aspek keamanan transaksi kembali menjadi sorotan usai kasus pembobolan rekening dan kartu kredit yang menimpa wartawan senior Ilham Bintang beberapa waktu terakhir. Melalui akun Facebooknya, Ilham bercerita dirinya rugi .....