go green
Recent Issues

Hindari Radar Korsel, Kim Jong-Un Naik Perahu Kayu?

 Hindari Radar Korsel, Kim Jong-Un Naik Perahu Kayu?

15 Maret 2013, 09:07:20

Aulia Akbar
Foto : Pemimpin Korut Kim Jong-Un (Yonhap)
SEOUL - Dalam foto-foto barunya, Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un tampak mengendarai perahu kayu ketika mengunjungi personil militernya di perbatasan. Beberapa pengamat berpendapat, Jong-Un mengendarai perahu itu demi alasan keamanan.

"Kim menggunakan perahu kayu kecil untuk menghindari pelacakan dari radar militer kami," ujar pengamat dari Presiden Korea Defence Network Shin In-kyun, seperti dikutip Korea Times, Jumat (15/3/2013).

"Kapal militer atau motorboat jelas bisa terdeteksi dan mengekspos keberadaannya. Namun, sebuah kapal kayu akan membuatnya tidak terdeteksi radar," paparnya.

Seperti diketahui, Korea Selatan (Korsel) dan Amerika Serikat (AS) telah menggelar latihan militer gabungan pada Senin lalu. Latihan rutin itu memang ditujukan untuk meningkatkan kapabilitas kedua negara itu dalam menghadapi setiap ancaman, termasuk Korut.

Meski demikian, seorang pengamat lain dari Korea Institute for Defence Analyses, Shin Beom-chul, berpendapat lain. Menurut Shin, pemakaian perahu kayu itu dilakukan karena alasan geografis.

"Tidak ada galangan bagi kapal militer di dekat wilayah perbatasan di pantai Laut Barat," ujar Shin.

Seorang pembelot Korut pun mengatakan, kapal militer akan sulit memasuki kamp militer itu, sementara itu penggunaan motorboat akan cukup berbahaya karena gelombang Laut Barat cukup besar. Kunjungan Jong-Un ke kamp militer itu dilaksanakan bertepatan pada saat yang bersamaan dengan latihan perang AS dan Korsel.

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Perkenalan STEAM untuk Pembelajaran Anak Usia Dini Perkenalan STEAM untuk Pembelajaran Anak Usia Dini

21 Januari 2020, 02:10:02

Program studi PG PAUD Universitas Narotama (UNNAR) Surabaya mengadakan workshop bertajuk Proses Pembelajaran STEAM pada Anak Usia Dini, Kamis (16/01/2020). STEAM adalah Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics. Muatan pembelajaran STEAM adalah pengembangan dari STEM yang berasal dari Amerika dan menyebar serta berkembang dengan penambahan elemen. Workshop tersebut dibuka oleh Heri, selaku Penilik PAUD Kota Surabaya. Heri menekankan atas perubahan yang selalu ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News