go green
Recent Issues

Rusuh di al-Aqsha selepas Shalat Jumat (8 Maret 2013).

Rusuh di al-Aqsha selepas Shalat Jumat (8 Maret 2013).

09 Maret 2013, 09:36:25

Bentrokan terjadi antara jamaah dengan Polisi Zionist Israel yang sejak semula telah mengepung seluruh penjuru kompleks al-Aqsha serta kemudian menyerbu masuk kedalam dan menangkapi para pemuda yang mengikuti shalat Jumat. Korban terluka menurut data Palang Merah Jerusalem, kurang lebih sekitar 75 orang.

ini juga sebagai aksi pasang badan para pemuda Jerusalem karena kemarin polisi Israel menendang Quran para pelajar putri di Masjidil Aqsa. (HLV)

Link Video : (polisi Israel menendang Quran para pelajar putri di Masjidil Aqsa)
- http://youtu.be/DKVtsk4s5jw
- http://youtu.be/tXs2Ht64jew

Link Video : (Bentrokan)
- http://youtu.be/Hd05VPeU7hY (a)
- http://youtu.be/qTRxdQAmuqc (b)

Bentrokan pecah antara pasukan keamanan Israel dan demonstran Palestina di Tepi Barat yang diduduki dan di sebuah situs suci di Yerusalem pada hari Jumat karena ketegangan meningkat hanya beberapa minggu sebelum kunjungan Presiden AS Barack Obama.

Masalah terjadi setelah pemakaman di Tepi Barat Palestina yang meninggal karena luka pada hari Kamis setelah ditembak oleh tentara Israel selama konfrontasi dua pekan lalu.

Lebih dari 5.000 orang menghadiri upacara tersebut tetapi kemudian sekelompok sekitar 100 pelayat melemparkan batu pada tentara Israel, yang menanggapi dengan gas air mata dan peluru karet, juru bicara militer mengatakan.䀀 Di Kota Tua Yerusalem, polisi Israel menembakkan granat setrum pada jamaah Palestina yang melemparkan batu dan bom molotov pada mereka setelah shalat Jumat di kompleks Masjid Al-Aqsa.

Puluhan petugas anti huru hara memasuki area sensitif secara politis, salah satu situs suci Islam, untuk memecah kerumunan beberapa ratus demonstran.

Pekerja medis Palestina mengatakan sekitar 35 pengunjuk rasa terluka di plaza, tidak ada yang serius. Sejumlah polisi yang sedikit terluka, kata juru bicara polisi.

Serta al-Aqsa, plaza rumah Kubah emas kuil Rock, yang menandai tempat dari mana Muslim percaya Nabi Muhammad melakukan perjalanan malam ke surga.

Yahudi menghormati senyawa suci sebagai situs Temple Alkitab mereka, dihancurkan oleh pasukan Romawi pada abad 1.

OBAMA KUNJUNGAN

Ketegangan meningkat sebelum kunjungan Obama ke Yerusalem dan Ramallah menjelang akhir bulan dan kemungkinan dimulainya kembali pembicaraan damai yang gagal pada 2010.

Sebuah gelombang kekerasan di Tepi Barat yang diduduki selama beberapa minggu terakhir telah menimbulkan kekhawatiran di Israel bahwa pemberontakan Palestina baru bisa meletus.

Kekerasan terakhir telah difokuskan di sekitar penderitaan warga Palestina ditahan di penjara-penjara Israel tetapi sebagian besar mereda pekan lalu setelah Israel setuju untuk membebaskan dua kelaparan-mencolok narapidana di bulan Mei dan mereka berakhir protes mereka.

Seorang pejabat Palestina mengatakan dua orang tewas akibat bentrokan dalam beberapa minggu terakhir.

Pada pemakaman Tepi Barat, Palestina Menteri Narapidana Issa Qaraqea kepada pelayat bahwa tindakan Israel akan menimbulkan protes lagi.

"Alih-alih melepaskan tahanan Israel melakukan kejahatan lagi, darah martir Mohammed akan meningkat perlawanan," kata Qaraqea.

Palestina mencari negara di Tepi Barat dan Hamas-Jalur Gaza dengan Jerusalem Timur Arab sebagai ibukotanya - wilayah yang direbut Israel dalam Perang Arab-Israel 1967 dan yang masih menguasai.

Pembicaraan damai macet atas keberatan Palestina untuk permukiman Israel berkembang di wilayah tanah yang diduduki. Sebagian besar dunia menganggap pemukiman ilegal.

Israel telah menyerukan dimulainya kembali pembicaraan tanpa prasyarat.

Memprediksi bahwa kunjungan Obama akan gagal untuk mengamankan hasil apapun yang diinginkan untuk Palestina, Gaza pemimpin Hamas Ismail Haniyeh menyerukan saingan Tepi Barat itu, Presiden Palestina Mahmoud Abbas, yang memimpin gerakan Fatah yang lebih sekuler, untuk memilih rekonsiliasi Palestina selama perundingan perdamaian dengan Israel.

"Sebagai warga Palestina, Arab dan Muslim kita tidak harus memegang harapan pada kunjungan tersebut dan kami tidak harus menjual orang-orang kita ilusi," katanya kepada jamaah sholat Jumat di di Gaza.

"Saya mendesak (Abbas) tidak jatuh dalam perangkap ilusi dan tidak menutup pintu untuk rekonsiliasi Palestina," katanya.

(Tambahan pelaporan oleh Ali Sawafta di Ramallah dan Nidal al-Mughrabi di Gaza, Menulis oleh Ori Lewis, Editing oleh Angus MacSwan)

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Rektor Universitas Narotama Lakukan Kunjungan ke Universitas KH. A. Wahab Hasbullah, Jombang Rektor Universitas Narotama Lakukan Kunjungan ke Universitas KH. A. Wahab Hasbullah, Jombang

27 Januari 2020, 01:58:57

Universitas Narotama yang dipimpin oleh Rektor Dr. Ir. H. Sri Wiwoho Mudjanarko, ST, MT, IPM melakukan kunjungan ke Universitas KH. A. Wahab Hasbullah (UNWAHA), Jombang, Senin (20/1/2020). Rektor beserta pejabat struktural Universitas Narotama diantaranya Kaprodi Manajemen Agus Sukoco, ST, MM disambut langsung oleh Rektor UNWAHA Dr. H. Anton Muhibuddin, SP, MP pejabat lainnya. Pada pertemuan yang berlangsung cukup akrab, Rektor ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News