go green
Recent Issues

China: AS di Balik Krisis Nuklir Korut

 China: AS di Balik Krisis Nuklir Korut

20 Februari 2013, 07:52:24

Fajar Nugraha
BEIJING - Uji coba nuklir yang dilakukan oleh Korea Utara (Korut) dianggap bukan sepenuhnya kesalahan dari Negara Komunis itu. China justru menganggap krisis nuklir yang dipicu Korut saat ini, merupakan ulah dari Amerika Serikat (AS).

Tuduhan ini keluar saat sebuah surat kabar miliki Negeri Tirai Bambu mengatakan Washington sebagai biang keladi uji coba nuklir Korut. Sikap Kementerian Luar Negeri China yang menolak uji coba tetapi tidak memberikan tindakan, menjadi penilaian dari Surat Kabar China Daily.

"AS seharusnya menjadi pihak yang dipersalahkan dalam meningkatnya ketegangan di Semenanjung Korea. Mereka tidak menghormati keamanan dari Korut, itu sebabnya masalah nuklir di Semenanjung Korea tidak pernah usai," tulis China Daily, yang mengutip seorang peneliti di Akademi Ilmu Sosial China, seperti dikutip AFP, Selasa (19/2/2013).

Atas kondisi yang terjadi saat ini, AS diminta untuk segera mengambil tindakan nyata guna meredakan ketegangan di Semenanjung Korea. Bila tidak dilakukan, AS dianggap memanfaatkan kondisi ini untuk mengambil keuntungan.

"Mereka mungkin saja tidak ingin masalah (nuklir Korut) diselesaikan, karena bisa menjadi alasan untuk mengerahkan rudal dan melakukan latihan di wilayah semenanjung. Kondisi ini bisa dianggap upaya untuk menyeimbangkan kekuataan di Asia," lanjut tuduhan China Daily.

Tetapi banyak juga yang menghendaki agar Korut diberikan hukuman. Namun masalah baru yang muncul adalah, hukuman apa yang tepat diterapkan oleh China kepada Korut.


(faj)

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Perkenalan STEAM untuk Pembelajaran Anak Usia Dini Perkenalan STEAM untuk Pembelajaran Anak Usia Dini

21 Januari 2020, 02:10:02

Program studi PG PAUD Universitas Narotama (UNNAR) Surabaya mengadakan workshop bertajuk Proses Pembelajaran STEAM pada Anak Usia Dini, Kamis (16/01/2020). STEAM adalah Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics. Muatan pembelajaran STEAM adalah pengembangan dari STEM yang berasal dari Amerika dan menyebar serta berkembang dengan penambahan elemen. Workshop tersebut dibuka oleh Heri, selaku Penilik PAUD Kota Surabaya. Heri menekankan atas perubahan yang selalu ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News