go green
Recent Issues

Uji Bom Nuklir Iran Tertangkap Citra Satelit

Uji Bom Nuklir Iran Tertangkap Citra Satelit

09 Maret 2012, 11:23:49

Diplomat PBB membenarkan adanya bukti bahwa Iran tengah melakukan uji coba senjata nuklir di salah satu pangkalan militernya. Komentar ini menyusul dipublikasikannya citra satelit oleh salah satu negara anggota Badan Energi Atom Internasional (IAEA).

Dalam foto, seperti diberitakan The Guardian, Kamis 8 Maret 2012, terlihat pangkalan militer Parchin yang terletak sekitar 30 km tenggara Teheran. Terdapat beberapa buah truk dan perangkat lainnya di lokasi tersebut. IAEA mengklaim gambar ini adalah yang terbaru dan selalu diperbaharui secara berkala.

Diplomat PBB yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan, gambar itu jelas memperlihatkan aktivitas membersihkan sisa-sisa radioaktif dalam uji coba senjata nuklir. Terbukti dengan adanya truk-truk pengangkut dan perangkat lainnya yang digunakan untuk menghapus zat radioaktif pada tanah.

Mereka mengatakan, orang-orang di Parchin mungkin mencoba menghilangkan bukti pengujian alat neutron yang digunakan untuk memicu ledakan nuklir. Diplomat lainnya tidak membantah dugaan tersebut, dia mengatakan inisiator neutron biasa digunakan untuk mengembangkan senjata nuklir.

Temuan ini menambah kuat kecurigaan IAEA atas pangkalan Parchin yang diduga dijadikan tempat menguji bom atom. Sebelumnya beberapa pekan lalu, delegasi IAEA yang berkunjung ke Iran dilarang keras memasuki Parchin. Akhirnya, para delegasi pulang dengan tangan hampa.

Pada laporan IAEA November tahun lalu, dikatakan bahwa Parchin digunakan sebagai tempat uji ledak untuk memicu reaksi berantai nuklir. Laporan inilah yang kemudian membuat Amerika Serikat kembali menerapkan sanksi ekonomi atas Iran. (umi)
• VIVAnews

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Pengenalan Budaya dan UMKM Bagi Mahasiswa Internasional UNNAR Pengenalan Budaya dan UMKM Bagi Mahasiswa Internasional UNNAR

15 Oktober 2019, 07:53:46

15 mahasiswa kelas internasional dari Program Studi Manajemen – Fakultas Ekonomi & Bisnis (FEB) Universitas Narotama (UNNAR) Surabaya mengikuti awal perkuliahan dengan edukasi lapangan berupa kunjungan industri dan budaya. Kali ini, pulau Madura sebagai tujuan mahasiswa untuk mendapatkan ilmu baru yang belum tentu ada pada materi pembelajaran di kelasnya. Madura merupakan sakah satu bagian dari pulau besar di Jawa Timur yang ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Menhan AS Janji Kooperatif di Penyelidikan Pemakzulan Trump
15 Oktober 2019, 09:00:33

Menhan AS Janji Kooperatif di Penyelidikan Pemakzulan Trump Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Mark Esper, berjanji akan bekerja sama dalam membantu penyelidikan dalam proses pemakzulan Presiden Donald Trump yang tengah dilakukan Kongres. Diduga hal ini berkaitan dengan sikap Trump yang sempat .....

Botika, Startup Chatbot Gantikan Peran CS
15 Oktober 2019, 09:00:00

Botika, Startup Chatbot Gantikan Peran CS

Botika merupakan perusahaan rintisan berbasis Artificial Intelligence (AI) yang memanfaatkan produk chatbot atau asisten chat pintar untuk menjawab pertanyaan. Botika ini diklaim dapat menggantikan peran Customer Service. Pendiri dan CEO Botika .....