go green
Recent Issues

Mursi Dipaksa Mundur, Kantor Ikhwanul Muslimin Dijarah

Mursi Dipaksa Mundur, Kantor Ikhwanul Muslimin Dijarah

24 November 2012, 10:01:29

KAIRO - Dekrit kontroversial yang dikeluarkan Persiden Mesir Mohamed Mursi menciptakan masalah baru. Warga pun menerima ajakan fraksi oposisi dan menggelar demonstrasi besar. Mereka mengancam ingin menggulingkan Mursi dari jabatannya. Kantor Mursi juga menjadi sasaran amukan massa.

"Warga ingin menjatuhkan rezim, Mursi keluarlah. Mubarak mengatakan pada Mursi, penjara akan menjadi tempat Anda usai Anda mendapatkan takhta," ujar salah seorang demonstran, seperti dikutip Reuters, Sabtu (24/11/2012).

Perkataan-perkataan sama yang dilontarkan demonstran untuk menjatuhkan Husni Mubarak kembali diulangi. Namun saat ini, mereka menggunakan slogan itu untuk berupaya menggulingkan Mursi.

Selain di Kota Kairo, demonstrasi serupa juga terjadi di Kota Alexandria. Kantor partai Mursi juga diserang oleh para demonstran. Demonstran-demonstran itu membakar buku-buku dan melempari kursi ke jalanan. Amerika Serikat (AS) dan Uni Eropa turut khawatir akan peristiwa kekerasan itu.

Lewat dekrit kontroverial tersebut, Mursi menyatakan bahwa semua kebijakan yang dikeluarkannya tidak dapat diganggu gugat dan dibatalkan oleh pihak mana pun. Dekrit tersebut berlaku hingga anggota parlemen baru ditunjuk. Seperti diketahui, sebelum Mursi naik ke tampuk kekuasaan, Parlemen Mesir yang didominasi fraksi Ikhwanul Muslimin sudah dibubarkan oleh Dewan Militer.

Pujian-pujian warga terhadap upaya Mursi yang berhasil membuat Israel dan Hamas melakukan gencatan senjata langsung hilang. Oposisi pun langsung menyebut Mursi sebagai seorang Firaun baru di Mesir.

Namun rekan-rekan Mursi menjelaskan, dekrit itu ditujukan untuk melindungi Revolusi Mesir. Mursi pun muncul di luar Istana Presiden Mesir dan berbicara kepada para demonstran.

"Saya hadir untuk warga Mesir. Saya tidak akan bersikap bias terhadap seluruh putra Mesir. Oposisi Mesir tidak perlu mengkhawatirkan saya, namun mereka harus realistis dan kuat. Majulah, majulah untuk Mesir yang baru," ujar Mursi.

Mursi menjelaskan ke warganya bahwa, dirinya terus bekerja untuk memulihkan perekonomian dan memperbaiki kehidupan sosial warga. Mursi menegaskan pula mengenai pentingnya pergantian kekuasaan di Mesir.

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Gladi Kotor Wisuda Sarjana ke 49-50 dan Magister ke 37-38 Universitas Narotama Gladi Kotor Wisuda Sarjana ke 49-50 dan Magister ke 37-38 Universitas Narotama

21 Oktober 2020, 10:36:25

Dalam rangka pelaksanaan Wisuda Sarjana ke 49 – 50 dan Magister ke 37 – 38 Universitas Narotama (UNNAR) Surabaya yang akan diselenggarakan secara daring (online) pada hari Sabtu, 24 Oktober 2020 pukul 08.00 WIB – Selesai, tempat H.R. Djoko Soemadijo Hall di Jl. Arief Rachman Hakim No.51 Sukolilo, Surabaya. Telah dilakukan kegiatan Gladi Kotor pada Selasa (20/10/2020) pukul 13.00 WIB-selesai, ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Mantan Menteri Pertahanan Meksiko Ditangkap di AS
21 Oktober 2020, 09:00:03

Mantan Menteri Pertahanan Meksiko Ditangkap di AS Jakarta -- Mantan Menteri Pertahanan Meksiko Salvador Cienfuegos ditangkap di Amerika Serikat. Dia ditangkap atas tuduhan yang dirahasiakan, Kamis (15/10). Menteri Luar Negeri Meksiko Marcelo Ebrard mengatakan Cienfuegos ditangkap di di .....

Alasan Tabungan Masyarakat di Atas Rp5 M Meroket di Era Covid
22 Oktober 2020, 09:00:02

Alasan Tabungan Masyarakat di Atas Rp5 M Meroket di Era Covid Jakarta -- Tabungan masyarakat di bank mengalami lonjakan selama pandemi covid-19. Pada periode Agustus 2020, misalnya, tabungan di atas Rp5 miliar meningkat mencapai Rp373 triliun. Angka tersebut meningkat dua kali lipat .....