go green
Recent Issues

Aplikasi Mengetahui Arah Kiblat di Bulan Puasa Ramadan 2021

Aplikasi Mengetahui Arah Kiblat di Bulan Puasa Ramadan 2021

13 April 2021, 09:00:24

Jakarta -- Arah kiblat menjadi hal yang kerap dicari bagi seluruh umat muslim yang hendak menjalankan Salat, khususnya saat puasa Ramadan 2021 atau 1442 Hijriah.

Meskipun arah kiblat dapat mengacu pada bayangan dari cahaya matahari, ada beberapa cara mengetahuinya yakni menggunakan aplikasi.

Dalam menentukan arah kiblat dapat ditentukan menggunakan kompas atau penunjuk mata angin. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) menjelaskan bahwa kompas sebagai alat navigasi bisa turut digunakan untuk menentukan arah kiblat.

"Kompas itu menentukan arah utara sampai selatan setiap saat, sehingga untuk menentukan arah kiblat perlu berbekal hasil perhitungan arah. Contohnya, arah kiblat dari Jakarta adalah 65 derajat dari utara ke barat," jelas LAPAN.

Meski demikian, kecanggihan teknologi tak luput melengkapi dalam dalam mencari arah kiblat. Kecanggihan itu dapat diakses menggunakan ponsel dengan mengunduh aplikasi yang tersedia di iOS dan Android.
Berikut beberapa aplikasi yang dapat menunjukkan arah kiblat di Android:

1. Arah Kiblat 100 persen
Aplikasi ini menggunakan fasilitas GPS yang ada pada smartphone pengguna. Jadi Anda dapat menentukan akurasi hingga 100 persen dalam menentukan arah kiblat.

Pengguna dapat mengganti tema dan menghapus iklan pada saat menggunakan aplikasi ini dengan membayar kepada pihak pengembang aplikasi.

Hasil donasi pengguna akan digunakan untuk pengembangan aplikasi dan menyediakan fitur baru yang dapat bermanfaat untuk umat muslim, khususnya di Indonesia.

2. Jadwal Sholat, Kiblat dan Adzan
Aplikasi ini merupakan besutan pengembang aplikasi bernama Andi Unpam. Melalui platform ini pengguna dapat menentukan arah yang sesuai dengan ka”bah sebagai arah sholat.

Selain dapat mengetahui arah kiblat, pengguna dapat mengetahui jadwal sholat setiap hari, mengetahui jadwal imsak, mengetahui jadwal sholat selama 30 hari ke depan serta jarak dari lokasi pengguna ke Ka”bah.

Aplikasi ini menyediakan beberapa pilihan bahasa seperti Inggris, Jerman, Prancis, Malaysia dan tentunya Indonesia.

3. Muslim Pro
Aplikasi untuk mengetahui arah kiblat selanjutnya adalah Muslim Pro. Aplikasi yang sempat dikabarkan menjual data penggunanya itu dapat diunduh melalui App Store itu dapat diunduh melalui toko aplikasi di gawai Anda.

Terdapat beberapa fitur adalah seperti membaca Al-Quran lengkap, kalender Hijriah, arah kiblat, waktu berbuka, zakat, tasbih, dan 99 sifat Allah (Asmaul Husna).

Selain itu terdapat juga keterangan lokasi masjid di wilayah sekitar penggunanya.

Berikut beberapa aplikasi yang dapat menunjukkan arah kiblat di IOS:
1. i- Qibla
Aplikasi yang dapat mencari arah kiblat adalah i-Qibla. Melalui aplikasi ini pengguna disuguhkan dengan fitur penentu arah kiblat pada saat aplikasi dibuka.

Selain itu pengguna juga dapat merasakan beberapa fitur seperti membaca Al-Qur”an, waktu sholat, Do”a, tasbih digital, Adzan pada waktu sholat dan kumpulan asmaul husna.

Pengguna dapat mengunduh aplikasi ini lewat App Store secara gratis.


2. Qibla Finder Pro
Aplikasi selanjutya adalah Qibla Finder Pro. Melalui aplikasi ini pengguna dapat menentukan ke mana arah kiblat yang akurat.

Penyedia aplikasi juga menyediakan akses tanpa iklan yang dapat diterapkan dengan membayar mulai dari Rp16.000.

Anda dapat mengunduh aplikasi Qibla Finder Pro melalui toko aplikasi App Store yang ada di iOS.

3. 100 % Qibla Finder
Melalui aplikasi ini pengguna dapat mengetahui lokasi yang tepat menghadap kiblat. Pada tampilan awal aplikasi, pengguna disuguhkan dengan tampilan citra satelit dari arah atas pengguna.

Selain itu pengguna juga dapat melihat langsung garis lurus yang ditarik dari kiblat ke posisi Anda saat ini. Selain itu Anda juga disuguhkan dua pilihan untuk mengetahui arah kiblat, menggunakan kompas.

Itulah beberapa aplikasi yang dapat membantu untuk mengetahui arah kiblat yang dapat disematkan di ponsel pintar Anda.

Sumber : cnnindonesia.com

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Kesempatan Mahasiswa Universitas Narotama Bergabung di Apple Developer Academy 2022 Kesempatan Mahasiswa Universitas Narotama Bergabung di Apple Developer Academy 2022

08 Mei 2021, 11:29:47

Suatu kesempatan bagi mahasiswa Universitas Narotama (UN) Surabaya untuk bergabung di Apple Developer Academy 2022. Perusahaan IT kelas dunia tersebut telah mengundang mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer (FIK) dalam acara Introduction Session Apple Developer Academy secara virtual pada Rabu, 5 Mei 2021 pukul 10.00 WIB via Zoom. Untuk bergabung di Apple Developer Academy 2022, mahasiswa dapat dengan mendaftar di https://bit.ly/apply_academy. Mahasiswa ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Cara Beriklan di Facebook Ads bagi Pebisnis Pemula
09 Mei 2021, 09:00:00

Cara Beriklan di Facebook Ads bagi Pebisnis Pemula Jakarta -- Facebook tak sekadar dimanfaatkan untuk kebutuhan berjejaring sosial. Kemampuannya menjangkau pengguna secara luas menjadikan Facebook sebagai peluang bagi bisnis untuk menjangkau pelanggan baru dan memasarkan produk. Untuk meningkatkan potensi .....

Hujan Kritik untuk Nadiem Terkait Terobosan Pendidikan
06 Mei 2021, 09:00:41

Hujan Kritik untuk Nadiem Terkait Terobosan Pendidikan Jakarta, -- Sejumlah pemerhati pendidikan mengkritik hingga membantah pernyataan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim yang mengaku telah melakukan sejumlah terobosan dalam bidang pendidikan setelah hampir dua .....