go green
Recent Issues

36 Terduga Teroris Ditangkap, 90 Persen Dibaiat secara Online

36 Terduga Teroris Ditangkap, 90 Persen Dibaiat secara Online

18 Oktober 2019, 09:00:03

Jakarta -- Mabes Polri mengungkapkan fenomena baru dalam jaringan terorisme di Indonesia beberapa waktu terakhir.

Kepala Divisi Humas Mabes Polri Inspektur Jendral Polis M Iqbal menyatakan bahwa sebanyak 36 terduga teroris yang ditangkap beberapa waku terakhir banyak melakukan komunikasi secara online.

"Mereka melakukan interaksi lewat media sosial, yaitu salah satu plafrom Whatsapp dan sebagainya. Mereka bekomunikasi dan berinteraksi di sana," kata Iqbal di Jakarta, Rabu (16/10).

Iqbal menyebutkan lewat komunikasi online itu pula para terduga teroris melakukan seremoni pengucapan sumpah janji kesetiaan atau baiat.

"Ada beberapa tersangka yang sudah kita tangkap dan belum sudah berbaiat di sana, baiat online, dan karena mereka melakakukan interkasi, belajar, merakit bom melalui online, otomotatis broderless," ujar Iqbal.

Para terduga teroris itu, kata Iqbal, juga banyak belajar merakit bom melalui media sosial tersebut. Karena melalui media online, maka lokasi mereka pun disebut Iqbal berada di sejumlah lokasi dan tidak terpusat dalam satu titik.

"Karena itu mereka berpencar dimana-mana, jumlahnya kita duga tidak sedikit. Tim Densus 88, berpencar ke beberapa daerah. Di antaranya Manado, Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah, Pandeglang, Cirebon, dan sampai ke Poso," ujar dia.

Iqbal mengatakan para terduga teroris saat ini masih dalam awasan polisi. Polisi juga memastikan bahwa merrka telah melakukan mutigas untuk menghidndari tindakan yang tidak diinginkan.

"Total sampai hari ini dengan stategi masif kita dapat melakukan penangkapan dan sekaligus kita menghentikan aksi yang dilakukan kelompok ini. Dan semua hampir 90 persen mereka berbaiat secara online," tutup dia.

Iqbal merinci total 36 terduga teroris yang ditangkap di antaranya:

Wilayah Pandegalang total tiga orang yakni,
Syahrial Alamsyah
Fitri Andriana
Ratu Ayu
Ahmad Taufikurahman
Zaki Ali Ibrahim

Wilayah Manado yakni,
Samsudin alias Jack Sparow

Wilayah Cengkareng
Taufik Hidayat
Defi Rusdi

Wilayah Bandung
Wahyu Budi Mugraha
Nurdin
Adi Alisapari
Muhamad Ali Nurdin
Dendi Permana
Rizal Fatuhrohman

Wilayah Jambi
Rohis

Wilayah Cirebon
Yusuf Firdaus
Beni Asri
Rizal Fajri
Susanto

Wilayah Lampung
Noval
Aul Putra
Tri Haryoni
Yunus
M Riki
Ubaidilah

Wilayah Poso
Awaludin

Jawa Tengah
Kris Yono
Marifah Hasanah
Abdul Kari
Jaelani
Ahmad Sarwani
Suwada
Amirudin
Abdul Aziz

Wilayah Jawa Timur
Rizki kurniawan
Anisa

Sumber : cnnindonesia.com

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
LSP UNNAR Mengadakan Pelatihan Asesor Kompetensi LSP UNNAR Mengadakan Pelatihan Asesor Kompetensi

17 Januari 2020, 01:18:14

Lembaga Sertifikasi Profesi Universitas Narotama (LSP UNNAR) mengawali kegiatan di tahun 2020 dengan mengadakan pelatihan asesor kompetensi. LSP UNNAR sebagai lembaga setifikasi profesi berlisensi dan kepanjangan tangan dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) menyelenggarakan pelatihan di Favehotel Mex Surabaya, pada tanggal 13- 17 Januari 2020. Kegiatan ini bertujuan adanya penambahan jumlah asesor kompetensi yang terlisensi nasional selaras dengan visi-misi BNSP ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News