go green
Recent Issues Google Kenang Pelopor Arsitektur Modern Google Kenang Pelopor Arsitektur Modern

27 Maret 2012, 15:25:42

Google mempersembahkan doodle hari ini untuk memperingati hari kelahiran pelopor arsitektur modern, Ludwig Mies van der Rohe. Karya arsitektur Mies pun menghiasi halaman utama mesin pencari Google.

Doodle itu bergambar gedung Crown Hall di Illinois Institute of Technology Chicago. Gedung yang dibangun antara 1950 - 1956 ini dianggap sebagai salah satu karya masterpiece yang dibuat Mies.

Tulisan "Google" pun terlihat samar di gambar arsitektur tersebut.

Arsitek kelahiran 126 tahun lalu ini dianggap sebagai pelopor gaya arsitektur modern yang mengubah tren arsitektur klasik dan gothik. Sejumlah material yang digunakan seperti besi dan kaca dianggap merepresentasikan ruang terbuka yang mengalir. Mies menyebut bangunan yang dia buat dengan sebutan arsitektur "kulit dan tulang".

Walau begitu, pria kelahiran Jerman ini tidak pernah mendapatkan pendidikan formal di bidang arsitektur. Mies disebut 'hanya' menjadi murid dari sejumlah arsitek, yang kemudian mengembangkan gayanya sendiri.

Saat Adolf Hitler berkuasa di Jerman, Mies kemudian pindah ke Amerika Serikat. Padahal selama di Jerman Mies ditunjuk sebagai Direktur Bauhaus School of Architecture.

Di negeri Paman Sam itu Mies kemudian melanjutkan karir arsitekturnya, dan sempat menjadi Kepala Sekolah Arsitektur di tempat yang kemudian berubah menjadi Illinois Institute of Technology.

Mies yang meninggal tahun 1969 kemudian meninggalkan sejumlah karya seni terbuka di kota-kota besar di Amerika. Bangunan hasil karya Mies itu antara lain gedung Seagram di New York, the Museum of Fine Art di Houston, dan perpustakaan Martin Luther King di Washington DC. | The Guardian | IBN Live


VIVAnews

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Seminar Masa Depan Berkumpul dan Berserikat dalam UU Ormas Seminar Masa Depan Berkumpul dan Berserikat dalam UU Ormas

16 November 2017, 01:30:27

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah mengesahkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan (Perppu Ormas) menjadi Undang-Undang melalui Rapat Paripurna di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (24/10/2017). Namun pengesahan Perppu Ormas menjadi UU Ormas tersebut masih terjadi pendapat yang pro dan kontra baik oleh anggota fraksi di DPR maupun masyarakat. Fakultas Hukum Universitas Narotama (UNNAR) menyikapi pendapat pro dan kontra tersebut dengan menyelenggarakan seminar `Masa Depan Berkumpul dan Berserikat dalam Undang-Undang Organisasi Masyarakat` yang berlangsung di Conference Hall UNNAR pada Senin, 13 November 2017. Narasumber adalah Prof. Yuzuru Shimada (Graduate School of International Development, Nagoya University, [...]

Selengkapnya        print  word  pdf

Dukung Pertumbuhan Ekonomi Nasional, Menaker Adakan Pelatihan Usaha Dukung Pertumbuhan Ekonomi Nasional, Menaker Adakan Pelatihan Usaha
17 Oktober 2017, 04:27:57

Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri mengajak seluruh dunia usaha lebih optimal memberdayakan masyarakat, dengan memberikan pelatihan dan pengembangan kewirausahaan. Pelatihan kewirausahaan dapat membantu perkembangan bisnis pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah .....
     
  • Dinilai Tak Optimal, Dana Desa Ternyata Belum Menyentuh Warga Pelosok
  • Mati Suri! 103 Koperasi Segera Ditutup
  • Terungkap! Penggunaan Pupuk Berlebihan Penyebab Mahalnya Harga Beras di RI
  • Harga Pangan Hari Ini, Bawang Putih Dijual Rp55.781/Kg
  • Harga Ayam Kembali Jatuh karena Pasokan Melimpah
  • ....... Berita Lainnya
  •             www.narotama.ac.id

    Calculating page load time...