go green
Narotama News & Events

Keterbatasan Tak Halangi Perjalanan Firdaus Menyelesaikan Perkuliahan

Keterbatasan Tak Halangi Perjalanan Firdaus Menyelesaikan Perkuliahan

21 September 2019, 04:29:13

Keterbatasan tidak seharusnya menjadi halangan seseorang untuk berprestasi. Hal itu dibuktikan oleh Firdaus Hassan, mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Universitas Narotama (UNNAR). Sejak kecil, Firdaus memiliki sebuah keterbatasan yaitu tidak dapat mendengar dengan sempurna (tuna rungu).
Meski begitu, Firdaus tidak pernah bersekolah di Sekolah Luar Biasa, melainkan selalu bersekolah di sekolah reguler. Dengan keterbatasannya, Firdaus berusaha untuk bisa memahami pembelajaran dengan baik. Perjuangan Firdaus itu pun berlanjut hingga ia masuk kuliah di Program Studi Teknik Informatika UNNAR sampai ia berhasil lulus dan akan mengikuti prosesi wisuda pada akhir bulan September 2019 nanti.
Pria kelahiran 24 Februari 1996 itu mengatakan semua perjuangannya adalah untuk membahagiakan kedua orangtuanya. Ayah Firdaus bekerja sebagai guru MI dan ibunya sehari-hari berjualan makanan. Dari mereka pula, Firdaus belajar untuk tidak mudah menyerah. “Orangtua selalu mendorong saya untuk terus belajar. Jangan sampai kondisi ini membuat saya merasa terbatas,” katanya.
Firdaus sempat menggunakan alat bantu pendengaran untuk mempermudah kesehariannya. Namun karena keterbatasan biaya, ia berhenti menggunakan alat bantu pendengaran sejak semester 2 perkuliahan. Sehingga ia pun harus berusaha lebih keras hingga berhasil lulus. “Saya banyak membaca dan perlahan-lahan mencoba memahami materi yang diajarkan. Ibu Natalia Damastuti (dosen pembimbing skripsinya) juga sangat membantu saya dalam proses pengerjaan skripsi,” lanjutnya.
Dalam skripsinya, Firdaus mengangkat judul `Klasterisasi Kapal dengan Menggunakan Metode K-means untuk Deteksi Keragaman Kapal`. “Saya mengerjakannya menggunakan bantuan Google Earth dengan output berupa bobot dan warna kapal di Indonesia,” katanya.
Firdaus juga sangat gemar fotografi dan videografi, sehingga ia berharap bisa melanjutkan hobinya itu menjadi sebuah pekerjaan yang menghasilkan uang. “Nanti uangnya untuk orangtua,” ujarnya singkat lalu tersenyum.
Ia berharap keterbatasan tidak menjadi alasan bagi orang lain untuk menempuh pendidikan setinggi mungkin. “Saya tidak bisa memberikan tips apa-apa karena selama ini saya punya semangat dan tidak mudah menyerah. Sisanya adalah kekuatan dari orangtua,” pungkasnya. [humas]
Foto: Firdaus Hassan saat menerima piagam dalam acara Penggelaran Yudisium Fakultas Ilmu Komputer Universitas Narotama yang berlangsung di Plasa Gedung E, Sabtu (14/9/2019).

print  word  pdf

 

Pembekalan Kode Etik Notaris Persiapan UKEN 2019 Pembekalan Kode Etik Notaris Persiapan UKEN 2019

19 Oktober 2019, 03:44:40

Kode Etik merupakan tuntunan / pedoman / petunjuk perilaku bagi Notaris dalam menjalankan jabatannya dan berperilaku. Seorang Notaris harus memiliki moral akhlak serta kepribadian yang baik yang diatur dalam kode etik Notaris dan Undang-Undang Jabatan Notaris (UUJN). Hal tersebut ditegaskan dalam acara “Pembekalan dan Pendalaman Materi Ujian Kode Etik Notaris, UKEN 2019” yang diselenggarakan oleh Ikatan Alumni Program Studi Magister ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

RI Gandeng Belanda Genjot Ekspor Dekorasi Rumah ke Eropa
19 Oktober 2019, 09:00:00

RI Gandeng Belanda Genjot Ekspor Dekorasi Rumah ke Eropa Jakarta -- Kementerian Perdagangan RI dan Centre for the Promotion of Imports from Developing Countries (CBI) Belanda sepakat mendorong pengembangan ekspor produk dekorasi rumah Indonesia ke pasar Eropa. Kedua belah .....

Server BMKG Diretas
17 Oktober 2019, 09:00:16

Server BMKG Diretas

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan dan Geofisika (BMKG) menyebut server yang menangani data kualitas udara PM10 diretas. Peretasan ini menyebabkan tidak berfungsinya pengiriman otomatis data polutan PM10 di situs dan .....