go green
Narotama News & Events

Perkenalan STEAM untuk Pembelajaran Anak Usia Dini

Perkenalan STEAM untuk Pembelajaran Anak Usia Dini

21 Januari 2020, 02:10:02

1476Program studi PG PAUD Universitas Narotama (UNNAR) Surabaya mengadakan workshop bertajuk Proses Pembelajaran STEAM pada Anak Usia Dini, Kamis (16/01/2020).
STEAM adalah Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics. Muatan pembelajaran STEAM adalah pengembangan dari STEM yang berasal dari Amerika dan menyebar serta berkembang dengan penambahan elemen.
Workshop tersebut dibuka oleh Heri, selaku Penilik PAUD Kota Surabaya. Heri menekankan atas perubahan yang selalu ada, salah satunya dalam proses pembelajaran.
“Guru harus tanggap dengan perubahan dan tidak kaget ketika ada muatan pembelajaran baru yang lebih baik. Sebaliknya, guru harus bisa menjadi bagian dari perubahan,” tuturnya.
Ia menambahkan, anak usia dini adalah masa emas untuk melatih, membiasakan, serta membentuk karakter. “Sehingga jika guru PAUD mengajarkan pengetahuan, maka hanya akan mengarahkan anak pada kehancuran. Bentuk dulu karakter mereka baru ajarkan pengetahuan dan bangun kreatifitasnya. Yang terpenting adalah jangan rampas masa bermain mereka,” tegas Heri.
Dr. Widya Ayu Puspita, M.Kes selaku pemateri utama dari BP PAUD dan Diknas Jatim, mengajak 150 peserta workshop dari kalangan mahasiswa UNNAR dan guru PAUD untuk mendalami muatan pembelajaran STEAM.
“STEAM menempatkan anak sebagai pusat pembelajaran dan guru sebagai fasilitator dan motivator. Dalam STEAM, anak didorong untuk berpikir kritis dan berpartisipasi. Sehingga akan tumbuh rasa ingin tahu dari kemauan bertanya,” jelasnya.
Menurut Widya, STEAM adalah muatan pembelajaran yang sangat baik. Namun, banyak orangtua yang khawatir karena STEAM terdengar begitu berat untuk diajarkan pada anak usia dini.
“Tentunya muatan pembelajaran STEAM pada anak usia dini harus disesuaikan dengan usia mereka. Misalnya dari segi science, guru bisa membuat kegiatan sederhana dengan pengamatan binatang di sekitar mereka. Atau mengajak anak memindahkan air dari satu wadah ke wadah lain yang berbeda. Dari situ saja anak sudah akan belajar banyak lewat pengamatan dan prediksi serta penghitungan sederhana.” katanya. [humas]

Foto: Program studi PG PAUD UNNAR Surabaya mengadakan workshop bertajuk Proses Pembelajaran STEAM pada Anak Usia Dini di Conference Hall, Kamis (16/01/2020).

print  word  pdf

 

Pertemuan Daring Universitas Narotama dengan UnisZa dan UPSI Malaysia untuk Pengembangan Kerjasama Internasional dan Persiapan JWC Conference Februari 2021 Pertemuan Daring Universitas Narotama dengan UnisZa dan UPSI Malaysia untuk Pengembangan Kerjasama Internasional dan Persiapan JWC Conference Februari 2021

23 Januari 2021, 13:00:05

Universitas Narotama (UN) bersama Universiti Sultan Zainal Abidin (UnisZa) dan Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia mengadakan pertemuan secara daring yang berlangsung pada hari Kamis, 21 Januari 2021. Pertemuan ini membahas pengembangan kerja sama antara ketiga institusi tentang penelitian bersama dan publikasi internasional. Pertemuan tersebut secara khusus merupakan persiapan acara “5th Management and Business Worldconference: International Conference On Economic, Management, Digital ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Tip Agar Tak Tertipu Penipuan Lelang
17 Januari 2021, 09:00:00

Tip Agar Tak Tertipu Penipuan Lelang Jakarta -- Kementerian Keuangan mengingatkan masyarakat agar tak tertipu dengan penipuan lelang. Sebab, sejauh ini masih ada beberapa modus penipuan lelang yang mengatasnamakan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan. Direktur .....

139 Ribu Sekolah Ikut Simulasi Asesmen Nasional
10 Januari 2021, 09:00:02

139 Ribu Sekolah Ikut Simulasi Asesmen Nasional Jakarta -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengklaim siap melaksanakan Asesmen Nasional (AN). Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud Totok Suprayitno mengatakan pihaknya telah melakukan simulasi skala besar. "139 ribu [sekolah] ini .....