Kenali Ciri Ban Motor Licin, Bahaya untuk Perjalanan Mudik
29 April 2022, 13:22:25 Dilihat: 406x

Jakarta, Universitas Narotama -- Menghindari jenis dan kondisi ban sepeda motor yang licin sangat penting sebagai bekal mudik lebaran 2022. Pasalnya, hujan masih mengguyur sejumlah wilayah.

Survei yang dilakukan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi jumlah pemudik yang akan pulang ke kampung halaman menggunakan roda dua mencapai 17 juta jiwa.

Para produsen ban motor biasanya mencantumkan jenis ban dan spesifikasi ban pada segel. Tipe ban ini biasanya tertulis dengan kode wet (basah), dry (kering), dan wet dry (normal).

Ban tipe basah berarti khusus digunakan untuk jalanan basah dan licin. Ban tipe ini biasanya memiliki alur ban yang lebih besar hingga ke tepian ban. Tujuannya untuk membuang air saat ban melewati medan jalan yang basah dan berair sehingga ban tidak mudah selip.

Ban tipe kering dikondisikan khusus untuk jalanan kering seperti area perkotaan. Ban tipe kering biasanya memiliki sedikit alur. Hanya saja, ban tipe kering menjadi licin dan mudah selip saat berada di jalanan licin atau basah.

Ban tipe normal memiliki kemampuan berkendara untuk medan jalanan kering dan basah.

Ingat, apabila ban yang digunakan tidak sesuai, ban motor bisa rawan mengalami selip di medan jalan sehingga membuat motor tergelincir bahkan berujung pada kecelakaan.

Terlepas dari jenis bannya, Astra memberikan tips untuk memilih ban motor yang tidak licin, terutama saat dipakai pada musim hujan. Berikut rinciannya:

1. Pilih ban dengan banyak alur

Jenis ban yang tidak licin adalah ban dengan banyak alur pada bagian tapaknya. Alur pada tapak ban berfungsi untuk memecah air ketika motor melewati genangan.

Semakin banyak alur pada tapak ban, maka akan semakin mengurangi risiko terjadinya selip pada saat berkendara di musim hujan.

2. Ban dengan pola kembangan V

Kembangan (pattern) pada ban bukan sekadar hiasan, tapi punya peran penting terutama ketika jalanan licin atau basah.

Ban dengan kembangan V direkomendasikan untuk melewati jalanan kering maupun jalanan yang basah. Motif alur ini mengurangi risiko terjadinya aquaplaning atau ban selip.

3. Jangan gunakan ban semi slick

Memakai ban semi slick memang dapat memberikan grip atau cengkeraman kuat pada aspal kering. Akan tetapi, jenis ban ini memiliki kesulitan dalam memecah air sehingga akan sulit digunakan ketika berkendara melewati genangan atau jalanan basah.

Hal tersebut dikarenakan ban semi slick memiliki pola tapak ban yang tipis dan minim sehingga ban tidak bisa membelah air dengan maksimal.

4. Pilih ban standar pabrik

Cara paling mudah memilih jenis ban yang tidak licin yaitu dengan membeli ban sama dengan standar pabrikan motor Anda. Sebab ban standar pabrikan memang sudah dikhususkan untuk motor baik pada kondisi trek basah maupun kering.

 

Sumber = cnnindonesia.com/teknologi

Share:

UN Videos

Java Coffee Culture and Festival Peneleh 2024
Rapat Terbuka Senat dalam rangka Wisuda Sarjana ke - 56 dan Magister ke - 44
Wisuda Sarjana Ke 54 dan Magister Ke 42 Universitas Narotama

UN Cooperation

De Montfort Leicester University Alexandria University Chiang mai university Derby University
 
Essex I Coe Rel UTHM ICOGOIA University Malaysia PAHANG Universiti Utara Malaysia
 
National University Kaohsiung Taiwan Politeknik Sultan Mizan Zainal Abidin Prince Sultan University Quest Nawab Shah Pakistan Universiti Teknologi MARA
 
Universiti Kebangsaan Malaysia Universiti Malaysia Kelantan Universiti Malaysia Perlis Universiti Zainal Abidin Universiti Sains Malaysia
 
Universiti Pendidikan Sultan Idris Erasmus

 

INTAKINDO PT. Aria Jasa Konsultan Bumi Harmoni Indoguna Cakra Buana Consultan Ciria Jasa Consultant
 
Internasional Peneliti Sosial Ekonomi Teknologi PT. Jasa Raharja NOKIA INKINDO MASKA
 
Surabaya TV PT. Amythas General Consultant
 
       

 

Perkumpulan Ahli dan Dosen Republik Indonesia IT Telkom Surabaya Institut Aditama Surabaya Institut Teknologi Nasional Malang
 
Institut Teknologi 10 Nopember Surabaya Politeknik Negeri Malang Universitas Pakuan Universitas Nasional Kualita Pendidikan Indonesia
 
Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo Politeknik Elektronika Negeri Surabaya Politeknik Negeri Bali Sekolah Tinggi Agama Islam Salahuddin Pasuruan
 
Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul `Ula Nganjuk Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Al Anwar Mojokerto STIE NU Trate Gresik Sekolah Tingi Ilmu Ekonomi Widya Gama Lumajang Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yapan Surabaya
 
STIE Pemuda STIKOSA STKIP PGRI Bangkalan STKIP PGRI Jombang STKIP PGRI Sidoarjo
 
STT Pomosda Nganjuk UINSA Universitas Mercu Buana Universitas Airlangga Universitas Darul `Ulum Jombang
 
Universitas Negeri Surabaya Universitas Brawijaya Malang Teknik Sipil Universitas Negeri Surabaya Universitas PGRI Adi Buana Surabaya UNIPDU
 
UNISLA UNISMA Universitas 45 Bekasi Universitas Dr.Soetomo UNITRI
 
Universitas 45 Surabaya Universitas Bondowoso Universitas Islam Madura Pamekasan Universitas Jember Universitas Maarif Hasyim Latif
 
Universitas Madura Universitas Merdeka Surabaya Universitas Bina Darma Universitas Wijaya Putra Universitas Padjajaran
 
Universitas Muhammadiyah Malang Universitas Muhammadiyah Papua Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Universitas Muhammadiyah Surabaya Universitas Negeri Malang
 
Universitas Islam Raden Rahmat Universitas Widyagama Malang Universitas Pembangunan Nasional Veteran Surabaya UWIKA Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
 
UNIVERSITAS SUNAN BONANG TUBAN Universitas 17 Agustus Surabaya UNUGIRI Bojonegoro Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
 
Akademi Pariwisata Majapahit  

 

Copyright © 2022 by UN | Universitas Narotama, All Rights Reserved.