Dispendik Surabaya Buka Tes Potensi Akademik Jalur Zonasi Kawasan

Pendaftaran Tes Potensi Akademik (TPA) jalur zonasi kawasan di Surabaya Masih dibuka. Saat tes, orang tua murid diimbau untuk mendoakan dari rumah saja.

Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya menyiapkan 29 lokasi TPA untuk jalur zonasi kawasan. Total ada 11 SMP Negeri yang membuka jalur zonasi kawasan dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ini.

Kepala Dispendik Kota Surabaya Ikhsan mengatakan, pendaftaran TPA zonasi kawasan telah dimulai sejak kemarin (13/6) dan akan ditutup 15 Juni mendatang. Sedangkan pelaksanaannya akan dilakukan pada Senin (17/6) pukul 08.00 WIB yang tersebar di 29 titik di lima wilayah Surabaya.
"Mulai hari ini kita siapkan lokasi TPA. Silahkan hari Minggu bagi orang tua atau peserta bisa survey lokasi terlebih dahulu," kata Iksan saat jumpa pers di kantor Humas Pemkot Surabaya, Jumat (14/6/2019).

Sementara itu, salah satu tim TPA dari Universitas Airlangga Nurul Hartini menjelaskan sejumlah materi TPA yang akan digunakan untuk masuk sekolah kawasan yakni tes kemampuan berfikir, kemampuan pemahaman, penalaran, bahasa, numerical dan figural (gambar).
"Jumlah soal yang akan diujikan sebanyak 185, dengan durasi waktu 2 sampai 2,5 jam," terang Nurul.

Nurul mengimbau, TPA yang dijalani para calon peserta agar tidak menjadikannya sebagai beban. Sedangkan untuk para orang tua, ia berpesan agar mereka tidak menunggu anak-anaknya selama TPA.
"TPA jangan dijadikan beban dan saat tes agar datang lebih awal dari waktu ujian. Sementara para orang tua saya harap juga tidak menunggu di lokasi ujian, lebih baik anak disupport dengan doa dari rumah," imbaunya.
"Saya sarankan sehari sebelum TPA, orang tua atau anak melakukan orientasi ke lokasi ujian, agar tidak salah lokasi saat pelaksanaan," pungkas Nurul.


Sumber: Detik.Com