Jokowi Panggil Sri Mulyani hingga Airlangga Bahas Vokasi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) siang ini menggelar rapat terbatas (ratas) mengenai Pendidikan dan Pelatihan Vokasi. Ratas dilakukan di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Kamis (16/5/2019). Rapat dijadwalkan pukul 14.00 WIB.

Saat membuka rapat dengan para menteri Kabinet Kerja, Jokowi menekankan agar dilakukan perbaikan pada sumber daya manusia (SDM) di Indonesia lewat pendidikan vokasi.
"Sore hari ini menindaklanjuti pertemuan sebelumnya mengenai pendidikan dan pelatihan vokasi. Betul-betul pada sore ini saya ingin mendapatkan perbaikan dan lebih tajam lagi sehingga nanti betul-betul ketemu apa yang kita inginkan," kata Jokowi.

Jokowi meminta agar Indonesia bisa benar-benar memanfaatkan bonus demografi yang ada. Menurutnya kunci dari itu semua ada pada pembenahan pendidikan vokasi.
"Kuncinya adalah langkah perbaikan, reformasi di pendidikan dan pelatihan vokasi yang dilakukan secara terpadu dan terintegrasi," ujarnya.

Jokowi melanjutkan, harus ada sesuatu yang konkret dalam menghasilkan SDM yang berkualitas di Indonesia.
"Mungkin itu sebagai pengantar yang bisa saya sampaikan. Tapi sekali lagi kita ingin sebuah hal yang konkret, betul-betul pelatihan itu menghasilkan SDM yang keliatan ter-upgrade betul skill-nya. Dan anggaran yang kita keluarkan betul betul bisa bermanfaat yang konkret," tambahnya.

Ratas kali ini dihadiri oleh Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri.
Hadir pula Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar, Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.



Sumber: Detik.Com