Dukung Demo Anti-Pemerintah, Penyiar TV Aljazair Dipecat

Seorang pembawa acara televisi pemerintah Aljazair, Abderrezak Siah, dipecat setelah mendesak kebebasan media dan mendukung protes anti-pemerintah.

Siah juga dipecat setelah menentang dukungan kantornya, stasiun televisi A3, terhadap rezim mantan presiden Abdelaziz Bouteflika yang pensiun pada April lalu setelah 20 tahun berkuasa.
Rekan Siah sesama wartawan dari Canal Algeria, Abdelmadjid Benkaci, mengatakan temannya itu dipecat pada Sabtu pekan lalu oleh manajemen A3. Selama ini, Siah menjadi presenter utama dalam acara berita malam di saluran televisi itu.

Dikutip AFP, pemecatan Siah bermula ketika demonstrasi besar terjadi di negara Afrika Utara itu pada April lalu. Para demonstran mendesak reformasi besar-besaran setelah Bouteflika mengundurkan diri. Dalam suatu acara pada 29 April lalu, Siah mengecam media tempat dirinya bernaung karena mendukung pemerintahan Bouteflika. Ia juga menyerukan kebebasan media yang lebih besar. Sejak protes besar-besaran pecah pada Februari lalu, wartawan-wartawan dari media pemerintah mengecam "tekanan-tekanan" yang datang dari bos mereka untuk tidak memberitakan demonstrasi.
"Televisi publik bukanlah corong untuk negara, tapi corong untuk korupsi," ucap Siah.
"Misi utama kami adalah menyediakan layanan publik dan saya meminta semua wartawan televisi dan anak muda yang terlibat demonstrasi untuk secara damai mendukung perjuangan kami," katanya.


Sumber: CnnIndonesia