Prodi Sistem Komputer dan Teknik Informatika UNNAR Gelar Workshop Fundamental IOT ke Siswa SMK

Salah satu pilar dari Tri Dharma perguruan tinggi adalah pengabdian kepada masyarakat. Sebagai tindak lanjut Memorandum of Understanding (MoU) antara Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Universitas Narotama (UNNAR) dan SMK Negeri 7 Surabaya mengadakan workshop. Workshop ini mengambil topik Fundamental Internet of Things (IOT) yang dilaksanakan di Laboratorium Teknik Komputer dan Jaringan SMKN 7 Surabaya pada 17-18 Juli 2019.
Internet of Things adalah materi pelengkap bagi siswa SMK jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Materi IOT merupakan materi yang banyak dipelajari saat ini, sejalan dengan berkembangnya arah industri 4.0. Tim FIK UNNAR dipimpin oleh Kaprodi Informatika Made Kamisutara, ST, MT dan Kaprodi Sistem Komputer Slamet Winardi,ST, MT (dengan dibantu oleh tiga orang mahasiswa yang bertindak selaku pelaksana kegiatan ini.
Kegiatan ini diharapkan dapat menginspirasi siswa SMKN 7 belajar lebih lanjut tentang teknologi informasi dengan kuliah di UNNAR. Workshop tersebut merupakan salah satu bentuk pembelajaran dengan metode service learning, yaitu sebuah model pembelajaran dimana mahasiswa tidak hanya belajar di kelas, tetapi juga membuktikan hasil belajarnya dengan berbagi ilmu kepada pihak lain. Umpan balik selama workshop akan membantu mahasiswa mengetahui kekurangan dalam materi yang dipelajarinya.
“Ke depan model pembelajaran service learning ini akan diterapkan di berbagai mata kuliah di Fasilkom Narotama,” kata Dekan FIK Aryo Nugroho, ST, S.Kom, MT. [nar]

Foto: Prodi Sistem Komputer dan Teknik Informatika UNNAR Gelar Workshop Fundamental IOT ke Siswa SMKN 7 Surabaya, 17-18 Juli 2019.