Tim ID-IOT Fakultas Ilmu Komputer UNNAR Terpilih Dapatkan NB-IOT Telkomsel

Tim ID-IOT Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Universitas Narotama (UNNAR) terpilih untuk mendapatkan NB-IOT Telkomsel. Perangkat ini akan dipakai untuk mengembangkan ide IoT lanjutan, dan 50 ide terbaik akan dipertandingkan di final. Tim ID-IOT mahasiswa FIK UNNAR terdiri Darian Rizaludin (SK), Muhamad Nur Arifin (SK), Ardi Jonias Fortuna (SI).
“IoT Makers adalah sebuah program dari kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia guna membantu para penggiat khususnya di bidang IoT mengembangkan ide dan produknya,” kata Muhamad Nur Arifin, Kamis (11/7/2019).
FIK UNNAR mengirimkan satu tim perwakilan dengan nama ID-IOT dengan produk PALIT (Pembangkit Listrik Air Limbah berbasis IoT) yang berhasil terpilih dari 50 tim yang dipertandingkan untuk mendapatkan module NB-IOT dari Telkomsel. Setelah itu mereka akan dipertandingkan kembali guna terpilih ke babak final yang akan diadakan di Telkom Smart Office Jakarta.
Sementara itu, Dekan FIK UNNAR Aryo Nugroho, ST, S.Kom, MT mengatakan, NB IOT adalah suatu platform yang akan menjadi salah satu pilihan teknologi dalam transmisi data. Tim FIK mendapat kesempatan melakukan uji dan berkreasi dengan perangkat yang disupport oleh Telkomsel.
“Dengan mendapatkan alat ini (NB IOT), diharapkan akan memperkaya sarana praktek mahasiswa di bidang IOT,” ujar Aryo Nugroho. [nar]

Foto: Tim ID-IOT mahasiswa FIK UNNAR [kiri-kanan) Darian Rizaludin, Muhamad Nur Arifin dan Ardi Jonias Fortuna.