Dosen UNNAR Kembangkan Diseminasi Produk Teknologi Kepada Masyarakat

Tiga dosen Universitas Narotama (UNNAR) dengan memanfaatkan Hibah Kementerian Riset, Teknologi Dan Pendidikan Tinggi Tahun Anggaran 2018 telah menciptakan alat pembuat pakan ikan dengan sumber listrik tenaga surya (solar powered fish feeding machine), mendukung peningkatan pendapatan UMKM dan produksi pakan ikan daerah. Mereka terdiri atas Agus Sukoco, ST, MM (Fakultas Ekonomi dan Bisnis), Dr. M. Ikhsan Setiawan, ST, MT dan Dr. Sri Wiwoho Mudjanarko (Fakultas Teknik).
Teknologi Portable Solarcells Fish Feeding Machine merupakan Pabrikasi LPPM UNNAR untuk mendukung peningkatan produksi dan pemasaran perikanan Nasional. LPPM UNNAR telah berpengalaman dalam pabrikasi teknologi, khususnya Teknologi Portable dan Teknologi Solarcells, berdasarkan penelitian yang bersumber Hibah DIKTI, Hibah Non DIKTI dan Riset Mandiri.
Produk tersebut antara lain: Penelitian Teknologi Portable Air Inflated Structure sebagai fasilitas Tanggap Bencana, Penelitian Teknologi Portable Air Inflated Greenhouse sebagai fasiltias Urban Farming, Penelitian Teknologi Portable Inflated Solarcells Cold Storage House sebagai fasilitas Perikanan Nelayan, dan Penelitian Teknologi Portable Inflated Greenhouse sebagai fasilitas Pangan.
Kepala LPPM UNNAR Dr. Sri Wiwoho Mudjanarko mengatakan, Teknologi Portable Freezer Solarcell akan diregistrasi PATEN Kementerian Hukum dan HAM, serta dilanjutkan dengan pengembangan produksi massal guna mendukung percepatan penyerapan ikan Nasional yang higienis, murah dan menguntungkan. [nar]
Foto: Pemanfaatan alat pembuat pakan ikan dengan sumber listrik tenaga surya untuk mendukung peningkatan pendapatan UMKM dan produksi pakan ternak ikan air tawar di Desa Kemangsen, Sidoarjo.