go green
Recent Issues

DPR Usul Distribusi LPG 3 Kg By Name By Address

DPR Usul Distribusi LPG 3 Kg By Name By Address

12 Juli 2019, 09:00:41

Jakarta -- Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat (Banggar DPR) meminta pemerintah untuk memastikan penjualan LPG 3 kilogram (Kg) tidak perjual-belikan secara bebas. Malah, Banggar DPR usul distribusinya dilakukan lebih teratur menggunakan skema nama dan alamat konsumen (by name by address).

Anggota Banggar DPR dari Fraksi Golkar John Kenedy Aziz mengatakan dalam Undang-Undang (UU) sudah ditetapkan bahwa LPG 3 kg tak bisa dijual secara bebas. Namun, selama ini masyarakat masih bisa membelinya secara bebas.

"Panitia kerja (panja) meminta pemerintah agar subsidi LPG tabung 3 kg didistribusikan by name by address sehingga tidak boleh diperjualbelikan secara bebas sebagaimana peraturan perundang-undangan," ujarnya, Senin (8/7).

Di samping itu, DPR juga meminta agar pemerintah memberikan subsidi bahan bakar minyak (BBM) untuk transportasi air, baik laut dan sungai. Hal ini karena keduanya berkaitan dengan infrastruktur.

Ia mengingatkan agar pemerintah tak segan-segan menaikkan harga jual LPG 3 kg dan BBM jika memang realisasi subsidi berada di atas pagu yang ditetapkan. Arahan tersebut untuk menghindari risiko kurang bayar pada tahun berikutnya.

"Pemerintah dapat mengambil kebijakan menaikkan harga, agar kebijakan subsidi energi tetap dapat diterapkan mulai 2020, sehingga risiko kurang bayar subsidi tidak ada lagi di tahun berikutnya," terang John.

Secara terpisah, Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Suahasil Nazara mengakui selama ini LPG 3 kg dijual secara bebas, sehingga semua orang bisa membelinya di toko. Namun, untuk beberapa kelompok pendistribusian dilakukan secara by name by address .

"Untuk sistem by name by address beberapa sudah dilakukan, mislanya untuk PKH (Program Keluarga Harapan) sudah by name by address . Dalam rapat panja biasanya memang selalu disampaikan cara yang terbaik," katanya.

Untuk selanjutnya, Suahasil belum bisa menyebut detail mekanisme pendistribusian LPG 3 kg agar lebih terstruktur. Hanya saja, ia memastikan seluruh penyaluran akan dilakukan dengan skema by name by address .

"Mekanisme nanti detailnya ya, semangatnya pokoknya supaya penyaliran subsidi LPG 3 kg itu by name by address ,"

Sumber : cnnindonesia.com

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Kendala Bahasa Jadi Penyemangat Mahasiswa UNNAR Jalani `Student Exchange` di Taiwan Kendala Bahasa Jadi Penyemangat Mahasiswa UNNAR Jalani `Student Exchange` di Taiwan

19 Juli 2019, 08:05:41

Ulfa Alvianti dan Firman Ardiansyah, mahasiswa Universitas Narotama (UNNAR) yang baru saja pulang dari student exchange mereka di National University of Kaohsiung (NUK) Taiwan selama 1 semester, membagikan cerita dan pengalamannya. Mereka berdua tampak ceria meskipun ternyata mereka sempat mengalami beberapa kesulitan selama di Taiwan. “Kesulitannya sebagian besar adalah karena faktor bahasa. Meskipun di kelas semuanya menggunakan bahasa Inggris, tapi kami ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

BI Optimis Bank Segera Pangkas Bunga Kredit
19 Juli 2019, 09:00:03

BI Optimis Bank Segera Pangkas Bunga Kredit Jakarta -- Bank Indonesia (BI) optimistis Perbankan segera ikut menurunkan bunga kredit usai keputusan penurunan suku bunga acuan yang diambil pada hari ini, Kamis (18/7). Transmisi penurunan bunga diharapkan mampu .....

Airlangga Sebut Target Investasi Mobil Listrik Capai Rp100 T
19 Juli 2019, 09:00:00

Airlangga Sebut Target Investasi Mobil Listrik Capai Rp100 T

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Kamis (18/7), mengungkap, total investasi dari dua produsen otomotif, Toyota dan Hyundai, yang bakal diberikan ke Indonesia .....