go green
Recent Issues

OJK Setop 1.087 Fintech Ilegal

OJK Setop 1.087 Fintech Ilegal

08 Juli 2019, 09:00:19

Jakarta -- Satgas Waspada Investasi OJK mengaku telah menemukan sebanyak 1.087 penyelenggara layanan pinjam meminjam (fintech peer to peer lending) ilegal sejak 2018. Saat ini, OJK mengklaim telah menutup operasional fintech ilegal tersebut.

Ketua Satgas Waspada Investasi, Tongam L. Tobing menjelaskan sebanyak 404fintech pinjam meminjam ilegal pada 2018. Sedangkan sisanya, sebanyak 683 entitas ditemukan pada tahun ini.

"Meskipun Satgas Waspada Investasi sudah banyak menutup kegiatan fintech peer-to-peer lending tanpa izin OJK, tetapi tetap saja banyak aplikasi baru (fintech ilegal) yang muncul pada website dan aplikasi," ujar Tongam dikutip dari keterangan resmi, Kamis (4/7).

Ia menjelaskan sebanyak 140 fintech ilegal baru ditemukan OJK sejak April lalu. Dari temuan tersebut, menurut dia, satgas akan meminta Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia untuk memblokir website dan aplikasi fintech pinjam meminjam ilegal tersebut.

Selain itu, pihaknya juga sudah meminta perbankan untuk memutus akses keuangan dari fintech pinjam meminjam ilegal. Hal tersebut, menurut dia, dilakukan bank dengan menolak pembukaan rekening tanpa rekomendasi OJK dan melakukan konfirmasi kepada OJK untuk rekening yang sudah ada.

Satgas juga sudah meminta Bank Indonesia untuk melarang fintech sistem pembayaran memfasilitasi fintech pinjam meminjam ilegal, serta menyampaikan laporan informasi kepada Bareskrim Polri untuk proses penegakan hukum.

OJK, menurut dia, juga mengimbau masyarakat untuk tidak mengakses dan menggunakan aplikasi fintech pinjam meminjam yang tak berizin. Apabila ingin meminjam secara online, maka masyarakat harus melihat daftar fintech yang berizin di situs OJK.

Sumber : cnnindonesia.com

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Julia Lastremschi, Influencer Moldova Kuliah di Universitas Narotama Demi Bangun Bisnis Masa Depan Julia Lastremschi, Influencer Moldova Kuliah di Universitas Narotama Demi Bangun Bisnis Masa Depan

10 Oktober 2019, 08:24:34

Kuliah ke luar negeri pilihan serius dan tidak bisa sekadar main-main. Paling tidak itu yang ditunjukkan Julia Lastremschi, mahasiswi asal Republik Moldova yang berkuliah di Universitas Narotama (UNNAR) demi membangun bisnis bagi masa depannya. Julia punya mimpi besar untuk membangun bisnis di masa depan dan mewujudkannya dengan memilih belajar manajemen dan marketing di luar negeri. "Aku selalu ingin belajar ke luar negeri. ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Investor AS Siap Tanamkan Investasi Rp1,4 T di RI
14 Oktober 2019, 09:00:00

Investor AS Siap Tanamkan Investasi Rp1,4 T di RI Jakarta -- Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Panjaitan mengatakan perusahaan investasi swasta asal Amerika Serikat (AS) bernama Overseas Private Investment Corporation (OPIC) berencana menggelontorkan dana sebesar US$100 juta atau setara Rp1,4 .....

Huawei Indonesia Janjikan Latih SDM Sebelum Terapkan 5G
14 Oktober 2019, 09:00:00

Huawei Indonesia Janjikan Latih SDM Sebelum Terapkan 5G

HuaweiIndonesia menyatakan sampai saat ini masih ada kesenjangan antara ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia dan perkembangan konektivitas 5G. Alhasil, Direktur ICT Strategy Huawei Indonesia, Mohammad Rosidi, menjanjikan .....