go green
Recent Issues

Ratusan Sekolah di Malaysia Diliburkan Akibat Asap Beracun

Ratusan Sekolah di Malaysia Diliburkan Akibat Asap Beracun

25 Juni 2019, 09:00:58

Puluhan orang jatuh sakit dan ratusan sekolah di Johor, Malaysia diliburkan karena asap beracun yang diyakini berasal dari pabrik kimia.

Ini merupakan insiden serius kedua yang melibatkan gas beracun di distrik Pasir Gudang, negara bagian Johor dalam tiga bulan. Sebelumnya pada Maret lalu, ribuan orang mengalami sesak nafas, sakit dada dan muntah-muntah setelah sekitar 40 ton limbah kimia dibuang secara ilegal di sungai.

Warga setempat awalnya melihat kepulan asap di kawasan industri akhir pekan lalu dan banyak orang, termasuk anak-anak sekolah, mulai muntah-muntah dan mengalami kesulitan bernapas.

Menteri Besar Johor, Sahruddin Jamal mengatakan seperti dikutip kantor berita Malaysia, Bernama dan dilansir AFP, Selasa (25/6/2019), sejauh ini 75 orang telah dibawa ke rumah sakit untuk dirawat.
Otoritas setempat telah memerintahkan penutupan keseluruhan 475 institusi pendidikan di wilayah tersebut, termasuk 111 sekolah negeri, 14 sekolah swasta dan 347 Taman Kanak-kanak (TK). Sekolah-sekolah tersebut diliburkan hingga Kamis (27/6) mendatang.

Insiden terbaru ini diyakini tidak terkait dengan insiden sebelumnya.
Sejauh ini belum jelas apa yang menyebabkan polusi udara terbaru ini. Sahruddin mengatakan, otoritas tengah menyelidiki 30 pabrik kimia di wilayah tersebut.

Perdana Menteri Mahathir Mohamad menegaskan akan menindak mereka yang bertanggung jawab atas insiden ini.
"Sepertinya ada pabrik-pabrik yang tidak terlalu peduli dengan keselamatan," katanya. "Kita harus mengidentifikasi mereka yang bertanggung jawab atas pencemaran dan mengambil tindakan tegas terhadap mereka," imbuhnya.

Sebelumnya pada Maret lalu, sekitar 4.000 orang -- sebagian besar anak-anak -- jatuh sakit karena limbah kimia yang dibuang secara diam-diam di sungai. Otoritas Malaysia kemudian menuntut tiga orang -- dua warga Malaysia dan satu orang Singapura -- terkait kejadian tersebut.


Sumber: Detik.Com

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Pembekalan Kode Etik Notaris Persiapan UKEN 2019 Pembekalan Kode Etik Notaris Persiapan UKEN 2019

19 Oktober 2019, 03:44:40

Kode Etik merupakan tuntunan / pedoman / petunjuk perilaku bagi Notaris dalam menjalankan jabatannya dan berperilaku. Seorang Notaris harus memiliki moral akhlak serta kepribadian yang baik yang diatur dalam kode etik Notaris dan Undang-Undang Jabatan Notaris (UUJN). Hal tersebut ditegaskan dalam acara “Pembekalan dan Pendalaman Materi Ujian Kode Etik Notaris, UKEN 2019” yang diselenggarakan oleh Ikatan Alumni Program Studi Magister ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

RI Gandeng Belanda Genjot Ekspor Dekorasi Rumah ke Eropa
19 Oktober 2019, 09:00:00

RI Gandeng Belanda Genjot Ekspor Dekorasi Rumah ke Eropa Jakarta -- Kementerian Perdagangan RI dan Centre for the Promotion of Imports from Developing Countries (CBI) Belanda sepakat mendorong pengembangan ekspor produk dekorasi rumah Indonesia ke pasar Eropa. Kedua belah .....

Server BMKG Diretas
17 Oktober 2019, 09:00:16

Server BMKG Diretas

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan dan Geofisika (BMKG) menyebut server yang menangani data kualitas udara PM10 diretas. Peretasan ini menyebabkan tidak berfungsinya pengiriman otomatis data polutan PM10 di situs dan .....