go green
Recent Issues

Pengembangan Kilang Minyak Balikpapan Mulai Dilakukan

Pengembangan Kilang Minyak Balikpapan Mulai Dilakukan

25 Mei 2019, 09:00:00

Jakarta -- PT Pertamina (Persero) menyatakan pengembangan Kilang Minyak Balikpapan tahap I telah dimulai.

Project Coordinator RDMP Refinery Unit V Balikpapan Djoko Koen Soewito mengatakan sejak sebulan ini kontraktor sudah mulai melakukan pekerjaan awal atas pembangunan tiga buah tangki dari beberapa buah yang direncanakan.
"Sebulan ini mereka melakukan soil investigation, katanya di Balikpapan, Rabu (15/5).

Selain itu, kontraktor juga sudah mulai melakukan rancangan teknik rinci (detail engineering design) atas proyek tersebut. Sementara Pertamina saat ini telah membentuk anak usaha, PT Kilang Pertamina Balikpapan guna memperlancar pembangunan kilang.
Pada anak usaha tersebut, Pertamina memiliki porsi saham sebesar 55 persen. Sedangkan partnernya, akan memiliki 45 persen porsi saham. Djoko mengatakan saat ini perusahaan tengah menjajaki pinjaman dengan sejumlah lembaga di Eropa, Jepang dan Korea Selatan.
"Dari Jepang uang dijajaki dengan JBIC, yang melakukan negosiasi kantor pusat, harapannya tahun ini selesai supaya project financingnya jelas," katanya.

Pertamina saat ini tengah mengembangkan Kilang Minyak Balikpapan. Pengembangan dilakukan demi meningkatkan kuantitas produk kilang BBM dan petrokimia, kualitas produk BBM dari standar euro II menjadi IV dan fleksibilitas pengolahan crude.
Pengembangan dilakukan dalam dua tahap. Khusus untuk tahap pertama pengembangan mulai dilakukan mulai tahun ini hingga 2023.
Pengembangan ini diperkirakan akan menelan investasi US$5,3 miliar. Djoko mengatakan dengan pengembangan tahap I ini diharapkan kapasitas Kilang Minyak Balikpapan yang saat ini hanya 260 ribu bisa ditingkatkan menjadi 360 ribu barel per hari.

Sumber : cnnindonesia.com

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
ITN Malang Lakukan Studi Banding ke Universitas Narotama ITN Malang Lakukan Studi Banding ke Universitas Narotama

22 Juni 2019, 06:30:07

Menindaklanjuti adanya Nota Kesepakatan Bersama (Memorandum of Agreement/MoA) yang telah ditantangani pada 13 April 2019. Delegasi Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang yang dipimpin oleh Rektor Dr. Ir. Kustamar, MT melakukan kunjungan studi banding ke Universitas Narotama (UNNAR), Sabtu (22/6/2019). Rombongan diterima langsung oleh Rektor UNNAR Dr. Arasy Alimudin, SE, MM dan jajaran struktural bertempat di Conference Hall Gedung C. Rektor UNNAR ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Pesawat Jatuh di Hawaii, Sembilan Orang Tewas
24 Juni 2019, 09:00:40

Pesawat Jatuh di Hawaii, Sembilan Orang Tewas Sembilan orang tewas dalam kecelakaan pesawatdi Hawaii pada Jumat (21/6). Jumlah tewas tersebut secara resmi dilaporkan Departemen Transportasi Hawaii. Dilansir dari Reuters, pesawat jenis King Ait bermesin ganda jatuh itu .....

Ribuan Karyawan KAI Ancam Mogok Kerja
25 Juni 2019, 09:00:09

Ribuan Karyawan KAI Ancam Mogok Kerja Palembang -- Ribuan karyawan PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengancam bakal mogok kerja. Mereka mendesak direksi mencabut peraturan terkait pernikahan antarpegawai yang dinilai melanggar hak asasi manusia. Serikat Pekerja Kereta .....

Tantang Snapdragon 730, Huawei Hadirkan Kirin 810
25 Juni 2019, 09:00:09

Tantang Snapdragon 730, Huawei Hadirkan Kirin 810 Bersamaan dengan kehadiran ponsel Nova 5, Huaweimemperkenalkan chip smartphone menengah anyar dengan nama Kirin 810. Keistimewaannya adalah, Kirin 710 adalah satu-satunya prosesor di segmen middle dengan proses manufaktur 7nm. SoC Kirin .....