go green
Recent Issues

Sekolah Model Anak Tuna Ganda akan Dikembangkan di Banyuwangi

Sekolah Model Anak Tuna Ganda akan Dikembangkan di Banyuwangi

12 Mei 2019, 09:00:17

Komitmen Banyuwangi meningkatkan pendidikan bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) mendapat apresiasi dari lembaga pendidikan internasional, Perkins International. Secara khusus, lembaga pendidikan yang berpusat di Boston, AS tersebut bahkan akan mengembangkan sekolah model bagi anak-anak tuna ganda di Banyuwangi.
"Alhamdulillah, komitmen Banyuwangi menggelar sekolah inklusif dan berbagai program kerja lainnya bagi siswa berkebutuhan khusus mendapat perhatian besar dari Perkins Internasional. Mereka bahkan akan mensupport kami dengan membuat program sekolah model bagi ABK di Muncar," Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas kepada detikcom, Kamis (9/5/2019).

Perkins Internasional adalah sebuah lembaga yang berpusat di Boston Amerika Serikat yang memiliki program melatih guru-guru SLB yang memiliki siswa ketunaan ganda di seluruh dunia. Selama ini, Perkins fokus pada program pelatihan bagi para guru yang mengajar di sekolah-sekolah untuk penyandang tuna ganda (multiple disabilities).

Anas mengatakan dengan menjadi sekolah model, para guru di Muncar akan mendapatkan pelatihan berupa training of trainer (TOT). Dengan begitu para guru tersebut bisa memberikan pelatihan bagi para guru lainnya. Tidak hanya di Banyuwangi, tapi juga guru dari kabupaten terdekat seperti Jember, Bondowoso dan Probolinggo.
"Kami berterimakasih kepada Perkins yang telah mempercayakan kesempatan ini kepada guru-guru kami di Muncar. Semoga ke depannya ilmu yang mereka dapatkan bisa diteruskan pada dunia pendidikan di sekolah luar biasa secara lebih luas," ujar Anas.

Selain itu, adanya sekolah model ini sendiri akan memberikan kemudahan bagi anak-anak penyandang tuna ganda untuk mendapatkan pendidikan yang layak. "Anak-anak dengan multiple disabilities (cacat ganda) di beberapa tempat perlu diberikan sokongan agar mereka bisa mendapatkan pendidikan yang layak. Keberadaan sekolah model ini akan sangat membantu," tutur Anas.

Sementara Direktur Perkins untuk Wilayah Asia Pasifik, Deborah Gleason mengatakan dipilihnya Banyuwangi untuk menjadi sekolah model bukan tanpa alasan. Pertama karena ada komitmen pemerintah daerah yang kuat terhadap ABK.
"Kami melihat di sini komitmen pemkab terhadap anak berkebutuhan khusus sangat kuat. Setiap kali pelatihan diselenggarakan, pihak pemkab selalu hadir memberikan dukungan. Belum lagi dari pihak guru dan sekolahnya yang juga memiliki komitmen yang sama. Setiap pelatihan langsung ditindaklanjuti dan diterapkan di tiap-tiap sekolah," tandas Deborah.

DI YPABK Muncar nanti, terang Deborah, Perkins akan memberikan program pelatihan guru yang meliputi kurikulum sekolah, program pembelajaran individu (Individual Education Program/IEP), analisa tugas untuk siswa, komunikasi, teknologi, identifikasi, assesment dan berbagai hal lainnya sesuai kebutuhan ABK.
"Mereka mendapatkan pelatihan selama setahun. Dan secara berkala kami tetap melakukan monitoring dan evaluasi. Para guru ini nantinya bisa menjadi trainer bagi guru-guru di sekolah lainnya" ujarnya.

Selain di Muncar, sebelumnya telah ada dua sekolah di Banyuwangi yang menjadi sekolah model oleh Perkins. Yakni SDLB A Negeri dan SDLB Matahati.
"Dengan dukungan dari pemerintah daerah dan antusiasme dari sekolah-sekolah disini, kami berharap ke depan akan terus terjalin kerjasama dengan Banyuwangi." harap Deborah.


Sumber: Detik.Com

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Civitas Akademika UNNAR Gelar Upacara Memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-74 Civitas Akademika UNNAR Gelar Upacara Memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-74

19 Agustus 2019, 01:44:17

Civitas akademika Universitas Narotama (UNNAR) memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-74 dengan menggelar Upacara Bendera pada hari Sabtu, 17 Agustus 2019 pukul 07.00-07.30 WIB di halaman depan kampus Jl. Arief Rachman Hakim 51 Surabaya. Bertindak sebagai inspektur upacara (Irup) Rektor UNNAR Dr. Arasi Alimudin, SE, MM. Peserta upacara terdiri dari para pejabat struktural, dosen, tenaga kependidikan ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Pedemo Kembali, Seluruh Penerbangan dari Hong Kong Dibatalkan
15 Agustus 2019, 09:00:35

Pedemo Kembali, Seluruh Penerbangan dari Hong Kong Dibatalkan

Otoritas BandaraHong Kong membatalkan seluruh penerbangan dari wilayah itu setelah demonstran kembali melumpuhkan bandara pada Selasa (13/8) sore. "Operasional Bandara Internasional Hong Kong sangat terganggu. Semua penerbangan keberangkatan telah dibatalkan," .....

Intip Strategi Menabung Valas bagi Generasi Milenial
19 Agustus 2019, 09:00:02

Intip Strategi Menabung Valas bagi Generasi Milenial Jakarta -- Valuta asing (valas) kerap menjadi kebutuhan masyarakat, terutama bagi generasi milenial yang gemar melancong ke luar negeri atau berencana memperoleh pendidikan berskala internasional. Untuk menjawab kebutuhan itu, sejumlah bank .....

Jerat Mobil Berpolusi, Anies Rilis Aplikasi E-Uji Emisi
15 Agustus 2019, 09:00:35

Jerat Mobil Berpolusi, Anies Rilis Aplikasi E-Uji Emisi

Pemerintah Provinsi DKIJakarta meluncurkan aplikasi e-uji emisi. Aplikasi aplikasi mobile berbasis Android ini menyediakan database hasiluji emisi kendaraan yang bisa dicek secara online oleh pemilik kendaraan dan petugas. Gubernur DKI .....