go green
Recent Issues

Ada Bibit Siklon Tropis, Waspadai Cuaca Ekstrem Wilayah Timur

Ada Bibit Siklon Tropis, Waspadai Cuaca Ekstrem Wilayah Timur

13 Mei 2019, 09:00:02

Jakarta -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan ancaman terjadinya cuaca ekstrem di wilayah Indonesia Timur.

Atas dasar itu, badan itu pun mengimbau kewaspadaan dan kehati-hatian dari dampak yang bisa ditimbulkan hingga potensi gangguan transportasi laut.

BMKG mencatat sejak Senin (6/5) bibit siklon tropis dengan kode 93S terpantau berada di Laut Banda, sebelah selatan Maluku.

Dari hasil pantauan BMKG, diketahui bibit siklon tropis tersebut memiliki kecepatan angin maksimum di pusatnya mencapai 25 knot dan tekanan minimum hingga 1006 hPa, demikian siaran pers BMKG yang ditandatangani Deputi Bidang Meteorologi Mulyono R Prabowo yang diterima, Selasa (7/5) malam.

Disebutkan bibit siklon itu diprediksi menguat dan mencapai intensitas siklon tropis dalam 24-48 jam.

Siklon tropis tersebut bergerak mengarah ke Selatan-Barat Daya atau menjauhi wilayah Indonesia.

Meski menjauh, keberadaan bibit siklon tropis 93S itu diprakirakan mengakibatkan kondisi cuaca buruk di beberapa wilayah Indonesia di bagian timur. Cuaca buruk yakni hujan dengan intensitas lebat itu disebut berpeluang terjadi di wilayah Maluku bagian tenggara, dan NTT bagian timur.

Angin dengan kecepatan di atas 25 knot atau 48 km/jam berpeluang terjadi di NTT, Maluku, dan Papua bagian selatan, demikian lanjutan siaran pers BMKG.

Selain itu, gelombang dengan ketinggian 1,25-2,50 meter berpeluang terjadi di perairan selatan Ambon, perairan selatan Kepulauan Kei-Kepulauan Aru, perairan utara Kepulauan Tanimbar, Laut Arafuru bagian timur, dan Perairan Barat Yos Sudarso.

Selain itu, siklus ini juga diperkirakan bisa menimbulkan gelombang dengan ketinggian 2,50-4 meter di Laut Banda bagian utara, Perairan Kepulauan Babar-Kepulauan Tanimbar, dan Laut Arafuru bagian tengah.

Gelombang dengan ketinggian 4-6 meter berpeluang terjadi di Laut Banda bagian selatan, Perairan Kepulauan Sermata-Kepulauan Letti, dan Laut Arafuru bagian barat.

BMKG terus memantau perkembangan bibit siklon tropis ini setiap saat melalui Tropical Cyclone Warning Center (TCWC) Jakarta yang bisa diakses masyarakat umum lewat situs resmi badan tersebut.

Sumber : cnnindonesia.com

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Civitas Akademika UNNAR Gelar Upacara Memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-74 Civitas Akademika UNNAR Gelar Upacara Memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-74

19 Agustus 2019, 01:44:17

Civitas akademika Universitas Narotama (UNNAR) memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-74 dengan menggelar Upacara Bendera pada hari Sabtu, 17 Agustus 2019 pukul 07.00-07.30 WIB di halaman depan kampus Jl. Arief Rachman Hakim 51 Surabaya. Bertindak sebagai inspektur upacara (Irup) Rektor UNNAR Dr. Arasi Alimudin, SE, MM. Peserta upacara terdiri dari para pejabat struktural, dosen, tenaga kependidikan ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Pedemo Kembali, Seluruh Penerbangan dari Hong Kong Dibatalkan
15 Agustus 2019, 09:00:35

Pedemo Kembali, Seluruh Penerbangan dari Hong Kong Dibatalkan

Otoritas BandaraHong Kong membatalkan seluruh penerbangan dari wilayah itu setelah demonstran kembali melumpuhkan bandara pada Selasa (13/8) sore. "Operasional Bandara Internasional Hong Kong sangat terganggu. Semua penerbangan keberangkatan telah dibatalkan," .....

Intip Strategi Menabung Valas bagi Generasi Milenial
19 Agustus 2019, 09:00:02

Intip Strategi Menabung Valas bagi Generasi Milenial Jakarta -- Valuta asing (valas) kerap menjadi kebutuhan masyarakat, terutama bagi generasi milenial yang gemar melancong ke luar negeri atau berencana memperoleh pendidikan berskala internasional. Untuk menjawab kebutuhan itu, sejumlah bank .....

Jerat Mobil Berpolusi, Anies Rilis Aplikasi E-Uji Emisi
15 Agustus 2019, 09:00:35

Jerat Mobil Berpolusi, Anies Rilis Aplikasi E-Uji Emisi

Pemerintah Provinsi DKIJakarta meluncurkan aplikasi e-uji emisi. Aplikasi aplikasi mobile berbasis Android ini menyediakan database hasiluji emisi kendaraan yang bisa dicek secara online oleh pemilik kendaraan dan petugas. Gubernur DKI .....