go green
Recent Issues

Ada Bibit Siklon Tropis, Waspadai Cuaca Ekstrem Wilayah Timur

Ada Bibit Siklon Tropis, Waspadai Cuaca Ekstrem Wilayah Timur

13 Mei 2019, 09:00:02

Jakarta -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan ancaman terjadinya cuaca ekstrem di wilayah Indonesia Timur.

Atas dasar itu, badan itu pun mengimbau kewaspadaan dan kehati-hatian dari dampak yang bisa ditimbulkan hingga potensi gangguan transportasi laut.

BMKG mencatat sejak Senin (6/5) bibit siklon tropis dengan kode 93S terpantau berada di Laut Banda, sebelah selatan Maluku.

Dari hasil pantauan BMKG, diketahui bibit siklon tropis tersebut memiliki kecepatan angin maksimum di pusatnya mencapai 25 knot dan tekanan minimum hingga 1006 hPa, demikian siaran pers BMKG yang ditandatangani Deputi Bidang Meteorologi Mulyono R Prabowo yang diterima, Selasa (7/5) malam.

Disebutkan bibit siklon itu diprediksi menguat dan mencapai intensitas siklon tropis dalam 24-48 jam.

Siklon tropis tersebut bergerak mengarah ke Selatan-Barat Daya atau menjauhi wilayah Indonesia.

Meski menjauh, keberadaan bibit siklon tropis 93S itu diprakirakan mengakibatkan kondisi cuaca buruk di beberapa wilayah Indonesia di bagian timur. Cuaca buruk yakni hujan dengan intensitas lebat itu disebut berpeluang terjadi di wilayah Maluku bagian tenggara, dan NTT bagian timur.

Angin dengan kecepatan di atas 25 knot atau 48 km/jam berpeluang terjadi di NTT, Maluku, dan Papua bagian selatan, demikian lanjutan siaran pers BMKG.

Selain itu, gelombang dengan ketinggian 1,25-2,50 meter berpeluang terjadi di perairan selatan Ambon, perairan selatan Kepulauan Kei-Kepulauan Aru, perairan utara Kepulauan Tanimbar, Laut Arafuru bagian timur, dan Perairan Barat Yos Sudarso.

Selain itu, siklus ini juga diperkirakan bisa menimbulkan gelombang dengan ketinggian 2,50-4 meter di Laut Banda bagian utara, Perairan Kepulauan Babar-Kepulauan Tanimbar, dan Laut Arafuru bagian tengah.

Gelombang dengan ketinggian 4-6 meter berpeluang terjadi di Laut Banda bagian selatan, Perairan Kepulauan Sermata-Kepulauan Letti, dan Laut Arafuru bagian barat.

BMKG terus memantau perkembangan bibit siklon tropis ini setiap saat melalui Tropical Cyclone Warning Center (TCWC) Jakarta yang bisa diakses masyarakat umum lewat situs resmi badan tersebut.

Sumber : cnnindonesia.com

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Inovasi Lupis Semanggi Karya Mahasiswa UNNAR Mendapatkan Hibah PKM Kewirausahaan Inovasi Lupis Semanggi Karya Mahasiswa UNNAR Mendapatkan Hibah PKM Kewirausahaan

23 Mei 2019, 02:15:59

Iseng-iseng berhadiah. Mungkin itu adalah kalimat yang tepat untuk menggambarkan kisah Ursulah Diana Fitriani dan kawan-kawan dari Universitas Narotama (UNNAR) Surabaya. Inovasi karya mahasiswi Program Studi Akuntansi bersama keempat orang temannya berhasil mendapatkan dana hibah dalam Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan (PKM-K). Inovasi yang mereka buat adalah produk makanan yang mereka namakan Lupis Semanggi Rainbow Cake. Ide membuat Lupis Semanggi itu ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Usai Kudeta, Eks Presiden Sudan Didakwa Membunuh Demonstran
27 Mei 2019, 09:00:00

Usai Kudeta, Eks Presiden Sudan Didakwa Membunuh Demonstran Mantan Presiden Sudan, Omar al-Bashir, yang dikudetapada 11 April lalu dilaporkan mulai menjalani proses hukum di pengadilan. Dia dituduh bertanggung jawab atas kematian sejumlah demonstran lantaran tindakan represif aparat keamanan. Dilansir .....

APJII Catat Ponsel Pintar Dominasi Pengguna Internet
27 Mei 2019, 09:00:00

APJII Catat Ponsel Pintar Dominasi Pengguna Internet Laporan penetrasi dan perilaku pengguna internet yang dirilis Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mencatat ponsel pintar mendorong pengakses internet. Hingga 2018, ponsel berkontribusi sebesar 93,9 persen pengguna internet, disusul .....