go green
Recent Issues

Pemerintah Godok Skema Model Bisnis 5G

Pemerintah Godok Skema Model Bisnis 5G

11 Januari 2019, 09:00:00

Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan pemerintah sedang menggodok skema model bisnis 5G di Indonesia.

Menurutnya apabila tidak ada skema model bisnis yang jelas, penggunaan jaringan generasi kelima akan terlalu mahal bagi masyarakat.

"4G speed nya katakanlah 7 MB kalau yang 5G bisa 100 sampai 200 MB, kan 15 kali kecepatannya. Apakah mau masyarakat mau enggak kita bayar 15 kali? Jadi harus ada perhitungan model bisnis, dan itu tergantung economic cost skill," kata Rudiantara dalam acara Alibaba Cloud di Hotel Mulia, Jakarta Selatan, Rabu (9/1).

Rudiantara mengatakan pemerintah akan merilis kebijakan 5G pada tahun ini. Rudiantara mengatakan penggunaan 5G ditujukan untuk masyarakat umum dan industri. Menurutnya, kemewahan 5G akan diterapkan terlebih dahulu oleh sektor industri.


Rudiantara mengatakan sudah berkomunikasi dengan Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto soal penerapan 5G dalam sektor industri.

"Karena di Indonesia industri itu melihatnya secara bisnis, karena teknologi ini relatif lebih mahal. Kalau mereka mendapatkan efisiensi, industri akan ambil," kata Rudiantara.

Rudiantara menjelaskan pemerintah telah menyiapkan alokasi frekuensi 5G yang akan disesuaikan dengan standar internasional. Kebijakan yang akan diterbitkan juga akan mengikuti standar internasional.

Ada beberapa alternatif di tahun ini, tapi kita akan mengikuti international standard," kata Rudiantara.

Sebelumnya, Kominfo menjanjikan tahun depan pemerintah berencana menyusun dan mensosialisasikan draft kebijakan 5G. Draft ini akan berfokus untuk mendukung revolusi industri 4.0 dan ekonomi digital. Pemerintah disebut berencana menguji coba pita frekuensi 26 GHz dan 3,5 GHz.

Pada 2020-2021, pemerintah akan memfinalisasi kebijakan dan regulasi 5G yang mengatur spektrum, model bisnis, dan Biaya Hak Penggunaan (BHP). Pada tahun yang sama pemerintah juga merencanakan untuk uji coba 5G dengan menggunakan perangkat 5G komersil dan use case yang berkaitan dengan industri manufaktur 4.0.

Sumber: CNNIndonesia

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Keluarga Besar Fakultas Hukum UNNAR Gelar Buka Puasa Bersama Keluarga Besar Fakultas Hukum UNNAR Gelar Buka Puasa Bersama

21 Mei 2019, 03:58:22

Momen bulan puasa Ramadhan 1440 Hijriyah dipergunakan oleh Fakultas Hukum (FH) Universitas Narotama (UNNAR) untuk mempererat silaturrahmi antara dosen dan mahasiswa. Hal itu diwujudkan dengan digelarnya acara Buka Puasa Bersama Keluarga Besar Fakultas Hukum dan mahasiswa program studi Magister Kenotariatan (MKN), Senin 20 Mei 2019 di Conference Hall. Acara buka puasa tersebut diikuti oleh para dosen dan tenaga kependidikan di ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Putra Trump Bersedia Ditanyai Senat soal Intervensi Rusia
22 Mei 2019, 09:00:00

Putra Trump Bersedia Ditanyai Senat soal Intervensi Rusia Donald Trump Jr, putra Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, dilaporkan sudah bersedia untuk memberikan kesaksian kepada Senat mengenai dugaan intervensi Rusia dalam pemilihan umum 2016 lalu. Seorang sumber mengatakan kepada Reuters .....

Luncurkan Masterplan, Jokowi Ingin Ekonomi Syariah RI Bangkit
22 Mei 2019, 09:00:00

Luncurkan Masterplan, Jokowi Ingin Ekonomi Syariah RI Bangkit Jakarta -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan peta jalan atau Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia 2019-2024. Hal ini bertujuan untuk membangkitkan ekonomi syariah di Indonesia. "Saatnya kita bangkitkan potensi ekonomi syariah di .....

Transparansi Teknologi Bitcoin Untungkan Aparat Keamanan
22 Mei 2019, 09:00:00

Transparansi Teknologi Bitcoin Untungkan Aparat Keamanan Asosiasi Blockchain Indonesia (ABI) mengatakan pendanaan maupun penggunaan bitcoin untuk terorisme atau melakukan pencucian uang akan menguntungkan aparat hukum untuk menindak. Pasalnya, seluruh transaksi bitcoin berjalan dengan teknologi blockchain yang .....