go green
Recent Issues

China Diklaim Miliki Railgun, Senjata Perang Tercanggih

China Diklaim Miliki Railgun, Senjata Perang Tercanggih

07 Januari 2019, 09:00:00

Jakarta, CNN Indonesia -- China disebut telah memperkuat kapal induk dengan senjata jarak jauh (railgun) yang tenaga pelontarnya menggunakan elektromagnetik, demikian dilaporkan media-media lokal. Jika laporan ini benar, maka China akan memiliki salah satu persenjataan tercanggih di dunia.

Media pemerintah China, Global Times, pada Kamis melaporkan bahwa teknologi railgun yang menggunakan tenaga listrik sebagai pelontar ketimbang tenaga peledak, dikembangkan secara independen dan bukan meniru negara lain.

Sementara itu, pekan ini di dunia maya beredar foto penampakan kapal China yang telah dilengkapi persenjataan tersebut, yang tengah menepi di suatu lokasi yang belum terkonfirmasi.

Pengamat militer yang juga mantan Direktur Operasi Pusat Intelejensi Gabungan AS-Pasifik, Carl Schuster, mengatakan bahwa jika laporan itu akurat, maka senjata itu diperkirakan baru bisa digunakan dalam satu atau dua tahun ke depan.


"Mereka akan mengatakan bahwa senjata itu bisa dioperasikan -- arti sebenarnya adalah penggunaan senjata tengah dievaluasi, dan diuji dalam kondisi yang lebih realistis," katanya. "Biasanya ada masa satu tahun sebelum benar-benar bisa digunakan."

Schuster juga mengatakan bahwa senjata ini juga menjadi langkah signifikan China dalam bertransisi, dari semula meniru senjata negara lain menjadi mengembangkan teknologi mereka sendiri.

"Hal ini juga menandakan bahwa China tidak lagi tertinggal 10-15 tahun (dari Amerika Serikat)... Mereka sekarang nyaris setara dengan negara-negara barat dalam hal pengembangan senjata," katanya.

Railgun sendiri menggunakan daya elektromagnet untuk melontarkan proyektil dengan kecepatan 7,5 kali kecepatan suara (setara 9.100 kilometer per jam) dengan daya jelajah 200 kilometer. Senjata ini lebih murah dan lebih akurat ketimbang senjata tradisional yang menggunakan daya ledak mesiu.

Railgun juga tidak memerlukan hulu ledak yang mahal, karena daya hancurnya mengandalkan kecepatan lontaran.

"Railgun bisa memberikan tenaga dan jangkauan yang lebih, sementara Anda mengendalikan akselerasinya," kata Schuster.


Sumber: cnnindonesia

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Keluarga Besar Fakultas Hukum UNNAR Gelar Buka Puasa Bersama Keluarga Besar Fakultas Hukum UNNAR Gelar Buka Puasa Bersama

21 Mei 2019, 03:58:22

Momen bulan puasa Ramadhan 1440 Hijriyah dipergunakan oleh Fakultas Hukum (FH) Universitas Narotama (UNNAR) untuk mempererat silaturrahmi antara dosen dan mahasiswa. Hal itu diwujudkan dengan digelarnya acara Buka Puasa Bersama Keluarga Besar Fakultas Hukum dan mahasiswa program studi Magister Kenotariatan (MKN), Senin 20 Mei 2019 di Conference Hall. Acara buka puasa tersebut diikuti oleh para dosen dan tenaga kependidikan di ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Putra Trump Bersedia Ditanyai Senat soal Intervensi Rusia
22 Mei 2019, 09:00:00

Putra Trump Bersedia Ditanyai Senat soal Intervensi Rusia Donald Trump Jr, putra Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, dilaporkan sudah bersedia untuk memberikan kesaksian kepada Senat mengenai dugaan intervensi Rusia dalam pemilihan umum 2016 lalu. Seorang sumber mengatakan kepada Reuters .....

Luncurkan Masterplan, Jokowi Ingin Ekonomi Syariah RI Bangkit
22 Mei 2019, 09:00:00

Luncurkan Masterplan, Jokowi Ingin Ekonomi Syariah RI Bangkit Jakarta -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan peta jalan atau Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia 2019-2024. Hal ini bertujuan untuk membangkitkan ekonomi syariah di Indonesia. "Saatnya kita bangkitkan potensi ekonomi syariah di .....

Transparansi Teknologi Bitcoin Untungkan Aparat Keamanan
22 Mei 2019, 09:00:00

Transparansi Teknologi Bitcoin Untungkan Aparat Keamanan Asosiasi Blockchain Indonesia (ABI) mengatakan pendanaan maupun penggunaan bitcoin untuk terorisme atau melakukan pencucian uang akan menguntungkan aparat hukum untuk menindak. Pasalnya, seluruh transaksi bitcoin berjalan dengan teknologi blockchain yang .....