go green
Recent Issues

Bubarkan HTI Melalui Pengadilan, Sikap Pemerintah Diapresiasi

Bubarkan HTI Melalui Pengadilan, Sikap Pemerintah Diapresiasi

10 Mei 2017, 11:13:27

JAKARTA - Pemerintah resmi bersikap membubarkan organisasi masyarakat (ormas) Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) melalui mekanisme peradilan.

Ketua Pusat Studi Politik dan Keamanan (PSPK) Universitas Padjajaran, Muradi mengapresiasi langkah pemerintah membubarkan ormas yang dinilai anti Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Pancasila itu.


"Saya kira langkah pemerintah sudah tepat meski sedikit telat. Ini kebijakan yang bisa jadi rujukan publik berkaitan dengan kelompok-kelompok anti Pancasila dan NKRI," kata Muradi melalui keterangan tertulis kepada Okezone, Senin (8/5/2017).

Pembubaran melalui mekanisme peradilan yang ditempuh pemerintah menurut Muradi sangat tepat. Sebab Indonesia adalah negara demokratis.

"Langkah pembubaran memang selayaknya diuji dalam peradilan yang adil dengan kata lain, pemerintah tetap memberikan hak jawab bagi HTI untuk menjelaskan posisi kelembagaan mereka pada proses peradilan terbuka," katanya.

Sehingga, lanjut Muradi putusan peradilan bersifat tetap bagi pelarangan dan pembubaran HTI tidak akan mencederai demokrasi. "Khususnya hak publik dalam berkumpul, berserikat, yang mana dalam konstitusi juga secara tegas diatur. Jikapun memang HTI tidak sejalan dengan hakikat NKRI dan Pancasila tetap dibuktikan dalam pengadilan," paparnya.

Langkah ke depan, Muradi menyarankan pemerintah juga mereview sejumlah lembaga yang didirikan dengan basis ideologi yang anti Pancasila dan mempertanyakan hakikat bernegara. "Dengan begitu langkah ini menjadi komprehensif dan tidak tebang pilih. Termasuk di dalamnya mengkaji betul penggunaan rumah ibadah untuk kegiatan politik," tukasnya.

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Inovasi Lupis Semanggi Karya Mahasiswa UNNAR Mendapatkan Hibah PKM Kewirausahaan Inovasi Lupis Semanggi Karya Mahasiswa UNNAR Mendapatkan Hibah PKM Kewirausahaan

23 Mei 2019, 02:15:59

Iseng-iseng berhadiah. Mungkin itu adalah kalimat yang tepat untuk menggambarkan kisah Ursulah Diana Fitriani dan kawan-kawan dari Universitas Narotama (UNNAR) Surabaya. Inovasi karya mahasiswi Program Studi Akuntansi bersama keempat orang temannya berhasil mendapatkan dana hibah dalam Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan (PKM-K). Inovasi yang mereka buat adalah produk makanan yang mereka namakan Lupis Semanggi Rainbow Cake. Ide membuat Lupis Semanggi itu ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Iran Berhenti Jalankan Sebagian Kewajiban Pakta Nuklir
26 Mei 2019, 09:00:01

Iran Berhenti Jalankan Sebagian Kewajiban Pakta Nuklir Pemerintah Iran menyatakan mulai hari ini berhenti menjalankan sebagian persyaratan yang harus dilaksanakan dalam pakta perjanjian penghentian program senjata nuklir pada 2015. Kebijakan itu diambil sebagai bentuk protes atas tekanan .....

Ahli Keamanan Siber Ungkap Cara Kerja Ikea Tipu-tipu
26 Mei 2019, 09:00:01

Ahli Keamanan Siber Ungkap Cara Kerja Ikea Tipu-tipu Security Technical Consultant Prosperita ESET Indonesia Yudhi Kukuh mengatakan masih banyak masyarakat yang menjadi korban penipuan melalui tautan (link) phising. Hal ini terjadi lantaran masyarakat tidak memperhatikan alamat situs tipu-tipu, .....