go green
Recent Issues

Bomber Nuklir AS Bakal Mangkal di Australia

Bomber Nuklir AS Bakal Mangkal di Australia

10 Maret 2016, 20:28:07

CANBERRA – Amerika Serikat (AS) tengah melakukan negosiasi dengan Australia untuk menggilir pesawat pengebom jarak jauh dan pesawat tanker, termasuk jenis Rockwell B-1 Lancer yang mampu membawa senjata nuklir. Tahun lalu, Australia membantah pernyataan pejabat AS mengenai rencana ini.
“Kami dalam proses pembicaraan mengenai rotasi pasukan, bomber dan tanker dari Australia dan memberikan kesempatan untuk berlatih bersama dengan Australia,” kata Komandan Angkatan Udara AS di Pasifik, Jenderal Lori Robinson seperti dikutipAustralia Broadcasting Corporation, Kamis (10/3/2016).
Pesawat pengebom itu akan diterima secara rutin di Pangkalan Udara Tindal dan Darwin di Australia Utara. Selain Bomber B-1, AS kemungkinan juga akan memperluas misi bomber B-52 dari Australia yang saat ini telah berlangsung.
Menteri Pertahanan Australia Marise Payne mengakui jika hal ini disepakati, maka Angkatan Udara AS akan memiliki pengaruh yang lebih besar di Negeri Kanguru.
“Enhanced Air Cooperation Initiative (Perkuatan Inisiatif Kerjasama Udara), yang merupakan bagian dari inisiatif Force Posture, sedang dalam pengembangan dan akan menghasilkan pertukaran elemen AU AS melalui Australia Utara,” ujar Marise.
Sementara Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull menolak berkomentar mengenai hal ini.
Rencana pertukaran pasukan ini diumumkan di tengah ketegangan yang semakin meninggi antara AS dengan mitra dagang terbesar Australia, China di wilayah Pasifik terutama di Laut China Selatan. Sebagaimana diketahui, Beijing tengah bersengketa dengan beberapa negara terkait klaim sekelompok pulau di kawasan itu.
Meski AS sendiri tidak memiliki klaim teritorial di sana, Washington DC berkeras daerah itu harus menjadi sebuah wilayah internasional yang aksesnya, tidak dapat dibatasi oleh salah satu negara.
Untuk menegaskan sikapnya itu, kapal perang dan pesawat AS lalu lalang di perairan dan wilayah udara yang diklaim China, sebuah langkah yang dianggap provokatif oleh Beijing.

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
BPSDMP Kominfo Surabaya Sosialisasi Digital Talent Scholarship 2019 di UNNAR BPSDMP Kominfo Surabaya Sosialisasi Digital Talent Scholarship 2019 di UNNAR

16 Mei 2019, 02:49:21

Balai Pengembangan SDM dan Penelitian (BPSDMP) Kominfo Surabaya bekerjasama Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Universitas Narotama (UNNAR) mengadakan sosialisasi Digital Talent Scholarship 2019, Selasa (14/5/2019) di Conference Hall UNNAR. Kegitaan sosialisasi yang dibuka oleh Dekan FIK Aryo Nugroho, S.Kom, MT ini diikuti oleh para mahasiswa dan alumni UNNAR. Kepala UPT BPSDMP Kominfo Surabaya, Eka Handayani, SE, MM menjelaskan bahwa Digital Talent ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Saudi Sebut 2 Kilang Minyak Rusak Diserang Drone
19 Mei 2019, 09:00:01

Saudi Sebut 2 Kilang Minyak Rusak Diserang Drone Pemerintah Arab Saudi menyatakan kilang minyak mereka rusak akibat serangan pesawat nirawak (UAV/drone) bersenjata. Diduga hal itu dilakukan oleh pemberontak Houthi di Yaman. Seperti dilansir Reuters, Selasa (14/5), Menteri Energi Saudi, .....

Izin Investasi Pembangkit Listrik Dilimpahkan ke Sistem OSS
19 Mei 2019, 09:00:01

Izin Investasi Pembangkit Listrik Dilimpahkan ke Sistem OSS Jakarta -- Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan proses perizinan ketenagalistrikan sudah bisa dilakukan melalui Sistem Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik (Online Single Submission/OSS). Salah satu aspek yang .....

Indonesia Jadi Negara Keempat dengan Satelit Internet Cepat
19 Mei 2019, 09:00:01

Indonesia Jadi Negara Keempat dengan Satelit Internet Cepat Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengatakan Indonesia menjadi negara keempat yang memiliki satelit dengan teknologi very high throughput. Teknologi ini akan digunakan proyek satelit Satria yang akan diluncurkan pada 2022. .....