go green
Recent Issues

Pesawat AS Intai Latihan Tembak Jet Tempur China

Pesawat AS Intai Latihan Tembak Jet Tempur China

03 Mei 2021, 09:00:00

Jakarta -- Pesawat mata-mata Amerika Serikat terbang di lepas pantai China, diduga untuk mengintai latihan tembak yang dilakukan awak jet tempur Angkatan Laut China.

Lembaga think tank South China Sea Strategic Situation Probing Initiative melaporkan bahwa pengintai elektronik RC-135W milik Angkatan Udara AS terbang sangat dekat di sepanjang pantai timur China, yakni sekitar 40 mil dari Qingdao, markas besar Angkatan Laut Negeri Tirai Bambu.

Lembaga tersebut juga melaporkan pesawat anti-kapal selam RC-135W dan P-8A milik AS turut berpatroli di Laut China Selatan pada hari ini, Rabu (28/4), selama latihan tembak Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) berlangsung di perairan yang disengketakan itu.

Menurut catatan responden radar penerbangan terbuka, pada pekan lalu pesawat mata-mata AS juga berpatroli di sepanjang pantai tenggara Provinsi Guangdong sebelum menuju ke selatan Kepulauan Paracel yang disengketakan.

Lembaga penelitian itu melaporkan sejumlah pesawat pengintai milik AS tersebut tidak terlacak radar saat terbang di sekitar Kepulauan Paracel karena diduga telah mematikan sinyal mereka.

Lembaga penyiaran pemerintah China, CCTV, mengabarkan bahwa AS kemungkinan melakukan patroli udara itu untuk mengumpulkan informasi intelijen terkait latihan tentara China.

"Patroli itu memungkinkan mereka memperoleh lebih banyak informasi dalam waktu singkat dan sinyal yang lebih berharga dengan cara yang paling efisien," demikian siaran CCTV seperti dilansir The Star.Pada saat yang sama, armada kapal induk China, Liaoning, juga melakukan latihan di dekat Taiwan.

Ini bukan kali pertama AS dituduh mengintai latihan militer China. September lalu, China menuduh pesawat tempur AS menyamar sebagai pesawat sipil dalam misi pengintaian dekat pantai. Insiden itu menimbulkan ancaman keamanan serius bagi Beijing.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Wang Wenbin, saat itu mengatakan penyamaran adalah "tipuan umum."

Wang menuturkan bahwa Angkatan Udara AS telah melakukan latihan semacam itu di sekitar China setidaknya 100 kali pada 2020.

Pada Agustus lalu, satu pesawat pengintai AS juga terdeteksi terbang ke zona larangan terbang di Laut Kuning, hingga memicu protes dari Beijing. Zona larangan terbang tersebut saat itu tengah menjadi wilayah latihan militer China.

Sumber cnnindonesia.com

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Rapat Penyusunan Kurikulum dan Implementasi Merdeka Belajar – Kampus Merdeka Rapat Penyusunan Kurikulum dan Implementasi Merdeka Belajar – Kampus Merdeka

08 Juni 2021, 13:51:46

Sejak Rabu (2/6/2021), suasana Ruang Rapat Gedung D Universitas Narotama (UN) Surabaya selalu terlihat banyak orang beraktivitas. Mereka secara marathon sedang menyusun Kurikulum dan Implementasi Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) untuk semua program studi (prodi) yang ada di lingkungan Universitas Narotama. Kegiatan yang dipimpin oleh Rektor Dr. Ir. H. Sri Wiwoho Mudjanarko, ST, MT, IPM ini melibatkan berbagai unit ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Nestapa Penyidik KPK, Tak Lolos TWK Kini Disidang Etik Dewas
14 Juni 2021, 09:00:00

Nestapa Penyidik KPK, Tak Lolos TWK Kini Disidang Etik Dewas Jakarta -- Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang menangani kasus dugaan korupsi bantuan sosial (bansos) Covid-19, M. Praswad Nugraha berhadapan dengan Dewan Pengawas (Dewas) KPK terkait laporan dugaan pelanggaran etik. Praswad .....

Kominfo Jelaskan Nasib TV Lokal Saat Pindah ke Siaran Digital
14 Juni 2021, 09:00:00

Kominfo Jelaskan Nasib TV Lokal Saat Pindah ke Siaran Digital Jakarta -- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menjelaskan soal nasib stasiun televisi lokal saat pemerintah sepenuhnya mengalihkan seluruh siaran analog menjadi siaran digital atau Analog Switch Off (ASO). Juru bicara Kominfo .....

Kemendikbud Serahkan Pemda Atur Guru Mengajar di Sekolah
11 Juni 2021, 09:00:04

Kemendikbud Serahkan Pemda Atur Guru Mengajar di Sekolah Jakarta, -- Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) menyerahkan kepada pemerintah daerah untuk mengatur siapa saja guru yang dapat mengajar pada pembelajaran tatap muka disekolah. Hal ini menyusul permintaan .....