go green
Recent Issues

Iran Bebaskan Perempuan Pemrotes Aturan Hijab Lebih Cepat

Iran Bebaskan Perempuan Pemrotes Aturan Hijab Lebih Cepat

14 Juni 2019, 09:00:03

Otoritas Iran dikabarkan membebaskan Vida Movahedi, seorang perempuan pemrotes aturan berhijab, lebih cepat dari masa tahanannya yang seharusnya satu tahun.
"Vida Movahedi dipanggil oleh otoritas lembaga pemasyarakatan pada Minggu malam dan diberi tahu bahwa vonisnya telah diringankan dan ditambah dengan beberapa akumulasi cuti yang menyebabkan dia bebas," kata pengacara Movahedi, Payam Derafhan, kepada AFP, Selasa (28/5).

Movahedi ditangkap pada Oktober 2018 lalu setelah melakukan protes aturan hijab dengan melepaskan kerudungnya di depan publik di Lapangan Enghelab, Teheran.

Dalam aksi protesnya, Movahedi juga mengibarkan hijab yang semula ia kenakan di atas salah satu kotak telepon umum di lapangan tersebut.
Tak lama, perempuan berusia sekitar 25 tahunan itu ditahan aparat keamanan dan didakwa "mendorong korupsi dan pesta pora."
Derafshan mengatakan pengadilan Teheran lantas menjatuhkan kliennya itu vonis hukuman penjara selama 12 bulan pada 2 Maret lalu.
Ia menegaskan Movahedi hanya menyatakan penolakannya terhadap "aturan wajib hijab" dan ingin mengungkapkan pendapatnya itu dalam bentuk "protes sipil.
Movahedi juga sempat melakukan protes serupa pada Desember 2017. Dia berdiri di sebuah kotak pilar di Enghelab Avenue tanpa jubah hitam khas perempuan Muslim dan mengangkat-angkat kerudung putihnya dengan tongkat. Aksinya itu mendorong solidaritas dari kaum perempuan lainnya di Iran. Sekelompok perempuan lainnya menggelar aksi serupa di tempat berbeda dan menyebarkannya di media sosial.
Mereka dengan cepat dikenal publik sebagai "Dokhttaran-e enghelab" atau Perempuan Revolusi Jalanan.



Sumber: CnnIndonesia

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Riset Sejak Tahun 2000, Mahasiswa Magister Teknik UNNAR Eksplorasi Bioconc untuk Pembuatan Beton Ramah Lingkungan Riset Sejak Tahun 2000, Mahasiswa Magister Teknik UNNAR Eksplorasi Bioconc untuk Pembuatan Beton Ramah Lingkungan

18 Oktober 2019, 03:33:02

Sumber daya alam (SDA) Indonesia yang begitu melimpah seharusnya menjadi kesempatan para peneliti untuk membuat riset mengenai hal tersebut dengan lebih intens. Hal itulah yang dilakukan oleh Makno Basoeki, lulusan program studi Magister Teknik Universitas Narotama (UNNAR). Sejak tahun 2000, Makno melakukan eksplorasi sumber daya alam untuk membuat produk beton karya anak bangsa yang berkualitas. “Diawali dari keprihatinan saya karena masih ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

188 Saham Menguat, IHSG Naik ke Level 6.169
18 Oktober 2019, 09:00:03

188 Saham Menguat, IHSG Naik ke Level 6.169 Jakarta -- Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berada di posisi 6.169 pada Rabu (16/10) sore. Posisi tersebut menguat 0,19 persen dibandingkan Selasa (15/10). RTI Infokom mencatat investor membukukan transaksi sebesar Rp8,8 .....

Server BMKG Diretas
17 Oktober 2019, 09:00:16

Server BMKG Diretas

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan dan Geofisika (BMKG) menyebut server yang menangani data kualitas udara PM10 diretas. Peretasan ini menyebabkan tidak berfungsinya pengiriman otomatis data polutan PM10 di situs dan .....