go green
Recent Issues

Indonesia Jadi Pasar Potensial Industri Maritim Asing

Indonesia Jadi Pasar Potensial Industri Maritim Asing

16 September 2014, 09:00:01

TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA – Melimpahnya jumlah penduduk dan posisi negara yang dipisahkan laut dan selat, menjadi bidikan bagi industry maritim asing sebagai pasar yang sangat potensial.

Hal itu menjadi landasan bagi Christopher Eve, Senior Vice President UBM Asia, dengan mengagas pameran maritim tingkat internasional Marintec Indonesia di Jakarta mendatang.

“Saya puluhan tahun bekerja di kapal. Saya sudah melihat Indonesia, pelabuhan-pelabuhan, dan kapal-kapalnya. Sangat potensial sekali untuk dikembangkan,” kata pria yang akrab disapa Christ Eve itu.

Dia juga melihat bila kondisi kapal dan pelabuhan di Indonesia masih sangat tua dan kurang berkembang.

Sebagai negara dengan banyak kepulauan, pria asal Inggris ini menyebut, dirinya merasa perlu membuka peluang lewat pameran kemaritiman.

Dengan mendatangkan peserta dari berbagai negara lain, d iantaranya China, Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Singapura, Inggris dan Perancis.

Didampingi Wakil Menteri Perindustrian, Alex SW Retraubun, dalam jumpa pers yang digelar di hotel JW Marriot Surabaya, Rabu (10/9/2014), Christ mentargetkan dalam pameran itu, industri galangan kapal Indonesia bisa bergandengan dengan industri kapal luar negeri.

“Karena di pameran ini, kami mencoba mempertemukan mereka, saling mengenalkan teknologi, dengan harapan, ada transaksi dan perubahan dalam pengolahan maritim di Indonesia. Termasuk kegiatan sosialisasi dan pengenalan kebijakan-kebijakan maritime baik yang lokal Indonesia maupun yang terkait dengan kebijakan maritim internasional,”jelasnya.

Wamen Perindustrian, Alex SW Retraubun, mendukung kegiatan ini dan mengakui bila industri maritim Indonesia masih tumpang tindih dan belum maksimal.

“Salah satunya soal kebijakan fiskal pengembangan kapal terkendala bea masuk komponen yang mencapai 15%. Sedangkan saat impor kapal tidak dikenakan bea masuk sama sekali,” kata Alex mencontohkan.

Sedangkan di Kementerian Perindustrian, urusan perkapalan dipegang eselon III. Sehingga kebijakan yang dikeluarkan kurang kuat dan fokus pengembangannya rendah.

"Belum ada energi menstimulus industri maritim di Indonesia," jelasnya.

Marintec Indonesia merupakan pameran industri maritim yang digelar di Jakarta International Expo, Jakarta, 26-28 November mendatang.

Sebanyak 100 perusahaan dari 8 negara di terlibat dalam pameran tersebut. Alex menilai pameran maritim bisa menginspirasi bidang teknologi, sumber daya manusia hingga peluang bisnis.

Kesempatan tersebut bisa jadi titik tolak pengembangan maritim yang selama ini telantar.

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Tiga Mahasiswa UNNAR Perkuat Futsal Putra Surabaya Juara Porprov Jatim 2019 Tiga Mahasiswa UNNAR Perkuat Futsal Putra Surabaya Juara Porprov Jatim 2019

20 Juli 2019, 04:17:58

Tiga mahasiswa Universitas Narotama (UNNAR) berperan besar buat tim futsal putra Surabaya menuju babak final untuk merebut medali emas Porprov Jatim VI 2019. Pada laga final, Surabaya menang 4-1 atas Kota Malang di Gajah Futsal Tuban, Sabtu (13/7/2019). Mereka adalah Bagas Arya Siswantoro (prodi Ilmu Hukum), Alfredo Sony Febryan (prodi Manajemen), dan Fernanda Dhanny Geraldine (prodi Manajemen). Futsal putra Surabaya ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Perusahaan Ritel Ponsel Harap Berkah dari Aturan IMEI
21 Juli 2019, 09:00:10

Perusahaan Ritel Ponsel Harap Berkah dari Aturan IMEI Jakarta -- Perusahaan ritel telepon seluler meyakini akan memperoleh berkah dari penerapan aturan validasi IMEI dalam waktu dekat. Beleid penghambat peredaran ponsel ilegal itu dinilai bisa mendorong omzet penjualan resmi .....

Tokopedia Akui Sulit Kontrol Peredaran Ponsel Ilegal
21 Juli 2019, 09:00:10

Tokopedia Akui Sulit Kontrol Peredaran Ponsel Ilegal

Tokopedia mengakui kesulitan untuk mengontrol peredaran produk ilegal, khususnya ponsel ilegal. Pasalnya, platform Tokopedia bersifat user generated content (UGC) alias para penggunalah yang mengunggah konten. Head of Category Browse .....