go green
Recent Issues

Iran Luncurkan Bavar-373, Sistem Rudal Buatan Sendiri

Iran Luncurkan Bavar-373, Sistem Rudal Buatan Sendiri

26 Agustus 2019, 09:00:18

Iranmeluncurkan sistem pertahanan rudal buatan sendiri, Kamis (22/8). Sistem bernama Bavar-373 itu diluncurkan saat meningkatnya ketegangan antara Iran dan Amerika Serikat.

Iran menganggap Bavar-373 menjadi pesaing sistem rudal S-300 milik Rusia.
Para pejabat Iran menyebut Bavar-373 sebagai sistem pertahanan rudal jarak jauh pertama yang diproduksi sendiri.

Dikutip AFP, Teheran mulai membuat Bavar - yang berarti "percaya" - setelah pembelian sistem S-300 Rusia ditangguhkan pada 2010 karena sanksi internasional.
Kantor berita negara IRNA melaporkan Presiden Hassan Rouhani menghadiri peresmian sistem rudal darat-ke-udara itu.
Peresmian ini diadakan bertepatan dengan "hari industri pertahanan nasional" Iran.

Pada kesempatan itu Rouhani meminta agar Bavar-373 dimasukkan ke dalam jaringan pertahanan rudal Iran.
"Sistem rudal jarak jauh Bavar-373 cocok untuk geografi Iran dengan jangkauan lebih dari 200 kilometer (124 mil) ... dan bersaing dengan sistem Rusia dan Amerika seperti S-300 dan Patriot," kata IRNA.
Sistem itu "lebih baik daripada S-300 dan hampir sama dengan S-400", kata Rouhani dalam sambutannya.

Dalam gambar yang dirilis tampak sistem tersebut dipasang di belakang truk militer di Teheran.
Ketegangan antara Iran dan AS terus meningkat sejak Presiden Donald Trump menarik diri dari kesepakatan nuklir pada Mei 2018 dan menjatuhkan sanksi embargo minyak.
Sementara kekhawatiran akan konflik langsung antara AS dan Iran juga meningkat sejak Mei, di mana sejumlah serangan diluncurkan terhadap beberapa tanker minyak di kawasan Teluk.
Iran menembak jatuh pesawat nirawak (drone) Global Hawk milik AS pada Juni lalu karena dianggap melanggar wilayah udaranya, namun kemudian kemudian dibantah.





Sumber: CnnIndonesia

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Keterbatasan Tak Halangi Perjalanan Firdaus Menyelesaikan Perkuliahan Keterbatasan Tak Halangi Perjalanan Firdaus Menyelesaikan Perkuliahan

21 September 2019, 04:29:13

Keterbatasan tidak seharusnya menjadi halangan seseorang untuk berprestasi. Hal itu dibuktikan oleh Firdaus Hassan, mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Universitas Narotama (UNNAR). Sejak kecil, Firdaus memiliki sebuah keterbatasan yaitu tidak dapat mendengar dengan sempurna (tuna rungu). Meski begitu, Firdaus tidak pernah bersekolah di Sekolah Luar Biasa, melainkan selalu bersekolah di sekolah reguler. Dengan keterbatasannya, Firdaus berusaha untuk bisa memahami pembelajaran dengan ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

PPATK Waspadai Donasi Kemanusiaan untuk Dana Terorisme
22 September 2019, 09:00:01

PPATK Waspadai Donasi Kemanusiaan untuk Dana Terorisme Jakarta -- Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK) mengendus ada indikasi donasi yang digalang lembaga kemanusiaan justru diselewengkan untuk pendanaan terorisme. Penggalangan dana juga dilakukan melalui media sosial. Koordinator Riset .....

Facebook Sebut Bantu Pemerintah Soal Aturan Privasi Data
20 September 2019, 09:00:00

Facebook Sebut Bantu Pemerintah Soal Aturan Privasi Data

Manajer Kampanye Kebijakan untuk FacebookIndonesia, Noudhy Valdryno mengatakan pihaknya bakal terus bekerjasama dengan kementerian terkait untuk segera menetapkan aturan soal keamanan dan privasi data. "Tentunya terus kita bekerjasama, kita menghormati .....