go green
Recent Issues

Survei e-Commerce: Konsumen Lebih Suka Belanja Imlek Online

Survei e-Commerce: Konsumen Lebih Suka Belanja Imlek Online

15 Februari 2018, 04:00:51

Jakarta, CNN Indonesia -- Sebagian besar masyarakat Indonesia diklaim lebih suka berbelanja kebutuhan Imlek via daring (online) dibandingkan melalui toko konvensional.

Hal itu diketahui dari hasil survei yang dilakukan toko elektronik (e-commerce) Shopback. Platform gaya hidup itu mencoba mencari tahu perilaku belanja masyarakat Indonesia saat dan menjelang Imlek melalui survei terhadap lebih dari 1.100 responden berusia 18-28 tahun di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, dan Makassar.

Hasil survei menunjukkan, hampir dua pertiga responden (60,3 persen) mengaku membeli perlengkapan imlek di toko online karena dianggap lebih efisien, murah, dan mudah tanpa harus keluar rumah. Sisanya 39,7 persen membeli secara konvensional.
Barang paling banyak dibeli di toko online meliputi, baju baru, pernak-pernik imlek, groseri dan makanan, peralatan rumah tangga, serta kosmetik.

Berbelanja online menjadi kegiatan kedua yang paling dipilih responden untuk dilakukan selama liburan Imlek tahun ini, setelah berkumpul bersama keluarga.

Co-Founder & Country Head of Shopback Indonesia Indra Yonathan menilai semakin banyak masyarakat melakukan transaksi di toko online. Rerata seluruh responden menghabiskan uang senilai Rp725.000 di toko online dan Rp890.000 di toko offline untuk membeli kebutuhan Imlek.

"Hal ini membuktikan saat ini kepercayaan masyarakat untuk berbelanja online semakin meningkat," katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (14/2).

Beberapa tahun lalu, menurut Yonathan, masyarakat masih enggan menghabiskan banyak uang untuk berbelanja online, karena tingkat kepercayaan serta keamanan dalam bertransaksi online saat itu masih rendah.
Beberapa hasil survei yang menarik antara lain, wanita lebih suka membeli baju baru di platform e-commerce dengan perolehan sebanyak 54,9 persen dari total responden. Sebaliknya sebagian besar pria lebih senang membeli baju di toko konvensional mencapai lebih dari 52 persen. (lav/bir)

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
BPSDMP Kominfo Surabaya Sosialisasi Digital Talent Scholarship 2019 di UNNAR BPSDMP Kominfo Surabaya Sosialisasi Digital Talent Scholarship 2019 di UNNAR

16 Mei 2019, 02:49:21

Balai Pengembangan SDM dan Penelitian (BPSDMP) Kominfo Surabaya bekerjasama Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Universitas Narotama (UNNAR) mengadakan sosialisasi Digital Talent Scholarship 2019, Selasa (14/5/2019) di Conference Hall UNNAR. Kegitaan sosialisasi yang dibuka oleh Dekan FIK Aryo Nugroho, S.Kom, MT ini diikuti oleh para mahasiswa dan alumni UNNAR. Kepala UPT BPSDMP Kominfo Surabaya, Eka Handayani, SE, MM menjelaskan bahwa Digital Talent ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Saudi Sebut 2 Kilang Minyak Rusak Diserang Drone
19 Mei 2019, 09:00:01

Saudi Sebut 2 Kilang Minyak Rusak Diserang Drone Pemerintah Arab Saudi menyatakan kilang minyak mereka rusak akibat serangan pesawat nirawak (UAV/drone) bersenjata. Diduga hal itu dilakukan oleh pemberontak Houthi di Yaman. Seperti dilansir Reuters, Selasa (14/5), Menteri Energi Saudi, .....

Izin Investasi Pembangkit Listrik Dilimpahkan ke Sistem OSS
19 Mei 2019, 09:00:01

Izin Investasi Pembangkit Listrik Dilimpahkan ke Sistem OSS Jakarta -- Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan proses perizinan ketenagalistrikan sudah bisa dilakukan melalui Sistem Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik (Online Single Submission/OSS). Salah satu aspek yang .....

Indonesia Jadi Negara Keempat dengan Satelit Internet Cepat
19 Mei 2019, 09:00:01

Indonesia Jadi Negara Keempat dengan Satelit Internet Cepat Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengatakan Indonesia menjadi negara keempat yang memiliki satelit dengan teknologi very high throughput. Teknologi ini akan digunakan proyek satelit Satria yang akan diluncurkan pada 2022. .....