go green
Recent Issues

Ratusan Sekolah di Malaysia Diliburkan Akibat Asap Beracun

Ratusan Sekolah di Malaysia Diliburkan Akibat Asap Beracun

25 Juni 2019, 09:00:58

Puluhan orang jatuh sakit dan ratusan sekolah di Johor, Malaysia diliburkan karena asap beracun yang diyakini berasal dari pabrik kimia.

Ini merupakan insiden serius kedua yang melibatkan gas beracun di distrik Pasir Gudang, negara bagian Johor dalam tiga bulan. Sebelumnya pada Maret lalu, ribuan orang mengalami sesak nafas, sakit dada dan muntah-muntah setelah sekitar 40 ton limbah kimia dibuang secara ilegal di sungai.

Warga setempat awalnya melihat kepulan asap di kawasan industri akhir pekan lalu dan banyak orang, termasuk anak-anak sekolah, mulai muntah-muntah dan mengalami kesulitan bernapas.

Menteri Besar Johor, Sahruddin Jamal mengatakan seperti dikutip kantor berita Malaysia, Bernama dan dilansir AFP, Selasa (25/6/2019), sejauh ini 75 orang telah dibawa ke rumah sakit untuk dirawat.
Otoritas setempat telah memerintahkan penutupan keseluruhan 475 institusi pendidikan di wilayah tersebut, termasuk 111 sekolah negeri, 14 sekolah swasta dan 347 Taman Kanak-kanak (TK). Sekolah-sekolah tersebut diliburkan hingga Kamis (27/6) mendatang.

Insiden terbaru ini diyakini tidak terkait dengan insiden sebelumnya.
Sejauh ini belum jelas apa yang menyebabkan polusi udara terbaru ini. Sahruddin mengatakan, otoritas tengah menyelidiki 30 pabrik kimia di wilayah tersebut.

Perdana Menteri Mahathir Mohamad menegaskan akan menindak mereka yang bertanggung jawab atas insiden ini.
"Sepertinya ada pabrik-pabrik yang tidak terlalu peduli dengan keselamatan," katanya. "Kita harus mengidentifikasi mereka yang bertanggung jawab atas pencemaran dan mengambil tindakan tegas terhadap mereka," imbuhnya.

Sebelumnya pada Maret lalu, sekitar 4.000 orang -- sebagian besar anak-anak -- jatuh sakit karena limbah kimia yang dibuang secara diam-diam di sungai. Otoritas Malaysia kemudian menuntut tiga orang -- dua warga Malaysia dan satu orang Singapura -- terkait kejadian tersebut.


Sumber: Detik.Com

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Mahasiswi Prodi Hukum UNNAR Raih Medali Perunggu `20th Milo International Karate Championship` di Kuala Lumpur, Malaysia Mahasiswi Prodi Hukum UNNAR Raih Medali Perunggu `20th Milo International Karate Championship` di Kuala Lumpur, Malaysia

17 Juli 2019, 03:59:13

Jasmine Michella, mahasiswi Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Narotama (UNNAR) berhasil meraih medali Perunggu pada `20th Milo International Karate Championship` yang diselenggarakan pada 6-7 Juli 2019 di Titiwangsa Stadium, Kuala Lumpur, Malaysia. Jasmine merupakan satu dari 15 atlet tim karate NTT ke Malaysia. 20th Milo International Karate Championship tersebut mempertandingkan kelas mulai dari Kata Perorangan, Kata Beregu, dan ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Sebanyak 52 Gempa Susulan Terjadi di Halmahera, 1 Orang Tewas
17 Juli 2019, 09:00:11

Sebanyak 52 Gempa Susulan Terjadi di Halmahera, 1 Orang Tewas Jakarta -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan terjadi 52 kali aktivitas gempa bumi susulan (aftershock) di kawasan Halmahera Selatan. Sebanyak 28 gempa di antaranya dirasakan oleh masyarakat. "Berdasarkan .....