go green
Recent Issues

Siklon Tropis Lili Bergerak dari Laut Timor ke Arah Kupang

Siklon Tropis Lili Bergerak dari Laut Timor ke Arah Kupang

17 Mei 2019, 09:00:01

Jakarta -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memantau siklon tropis Lili bergerak ke arah barat dari perairan Laut Timor, Jumat (10/5).

Berdasarkan laporan pemantauan per pukul 08.40 WIB, 10 Mei 2019, Siklon Tropis Lili saat ini sudah bergerak dan berada di sekitar 550 km sebelah Timur Kupang.

"Siklon tropis Lili itu tumbuh di Laut Timor pada 9 Mei 2019 pukul 10.00 WIB, dengan posisi koordinat pada 8.9 °LS-128.7°BT, berada di sekitar perairan Laut Timor atau Selatan Perairan Laut Banda, dan saat ini sudah berada di sebelah Timur Kupang," kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Stasiun El Tari Kupang, Ota Welly Jenni Thalo, seperti dikutip dari Antara.

Dia mengemukakan hal itu, berkaitan dengan perkembangan pergerakan siklon tropis Lili, dan dampaknya terhadap cuaca di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan wilayah berbasis kepulauan sekitarnya.

Lokasi siklon tersebut dengan tekanan di pusat siklon 999mb dengan kecepatan angin maksimum di pusat siklon 40 knot atau 75 km/jam.

Diprakirakan siklon tropis Lili akan bergerak ke barat-barat laut dengan kecepatan pergerakan siklon 3-4 knot menuju wilayah NTT.

Atas dasar itu, diprakirakan intensitas siklon akan melemah atau memasuki fase punah pada 11 Mei 2019 pukul 08.00 Wita.

Pada fase kepunahan tersebut, Jenni Thalo mengatakan diprakirakan siklon akan berubah menjadi tekanan rendah di wilayah NTT.

Walaupun begitu, terkait keberadaan siklon tropis tersebut menimbulkan ancaman cuaca ekstrem di wilayah Indonesia Timur dan Timor Leste. Hujan deras disebutkan berpeluang terjadi di wilayah Maluku bagian tenggara, NTT bagian timur, dan Timor Leste.

Selain angin dengan kecepatan di atas 25 knot atau 48 km/jam berpeluang terjadi di NTT, Maluku, dan Papua bagian selatan.

Ancaman lain adalah gelombang dengan ketinggian 2,5-4 meter berpeluang terjadi di Laut Banda bagian selatan, gelombang dengan ketinggian 4-6 meter berpeluang terjadi di Perairan Kepulauan Sermata-Leti-Kepulauan Babar-Tanimbar dan Laut Timor.

Sumber : cnnindonesia.com

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Fakultas Teknik Gelar Workshop `International Higher Education and Research` Fakultas Teknik Gelar Workshop `International Higher Education and Research`

21 Agustus 2019, 07:45:57

Fakultas Teknik (FT) Universitas Narotama (UNNAR) menggelar Workshop `International Higher Education and Research` : Simposium Cendikia Kelas Dunia dengan menghadirkan narasumber yaitu Dr. Bambang Trigunarsyah Suhariadi, BSc, MT, Ph.D (RMIT University, Australia) dan Dr. Dani Harmanto, C.Eng, MTED, (University of Derby, UK), Rabu (21/8/2019) di Ruang Rapat Gedung D. Workshop ini dibuka oleh Dekan FT Dr. Ir. Koespiadi, MT dengan ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

ITB, UGM dan IPB Raih Skor Tertinggi Klaster Kemenristekdikti
21 Agustus 2019, 09:00:00

ITB, UGM dan IPB Raih Skor Tertinggi Klaster Kemenristekdikti Jakarta -- Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) secara resmi mengeluarkan hasil klasterisasi perguruan tinggiterbaik di Indonesia tahun 2019. Hasil tersebut memperlihatkan Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada .....

Integrasi Instagram dan WhatsApp Merumitkan Kasus Facebook
21 Agustus 2019, 09:00:00

Integrasi Instagram dan WhatsApp Merumitkan Kasus Facebook

Rencana Facebook Inc untuk mengintegrasikan Instagram dan WhatsApp dinilai dapat menghambat upaya untuk `memecah` raksasa media sosial tersebut. Ketua Komisi Perdagangan Federal Joseph Simons mengatakan hal tersebut kepada Financial Times, Senin (19/8). Simons mengatakan .....