go green
Recent Issues

Pengembangan Kilang Minyak Balikpapan Mulai Dilakukan

Pengembangan Kilang Minyak Balikpapan Mulai Dilakukan

25 Mei 2019, 09:00:00

Jakarta -- PT Pertamina (Persero) menyatakan pengembangan Kilang Minyak Balikpapan tahap I telah dimulai.

Project Coordinator RDMP Refinery Unit V Balikpapan Djoko Koen Soewito mengatakan sejak sebulan ini kontraktor sudah mulai melakukan pekerjaan awal atas pembangunan tiga buah tangki dari beberapa buah yang direncanakan.
"Sebulan ini mereka melakukan soil investigation, katanya di Balikpapan, Rabu (15/5).

Selain itu, kontraktor juga sudah mulai melakukan rancangan teknik rinci (detail engineering design) atas proyek tersebut. Sementara Pertamina saat ini telah membentuk anak usaha, PT Kilang Pertamina Balikpapan guna memperlancar pembangunan kilang.
Pada anak usaha tersebut, Pertamina memiliki porsi saham sebesar 55 persen. Sedangkan partnernya, akan memiliki 45 persen porsi saham. Djoko mengatakan saat ini perusahaan tengah menjajaki pinjaman dengan sejumlah lembaga di Eropa, Jepang dan Korea Selatan.
"Dari Jepang uang dijajaki dengan JBIC, yang melakukan negosiasi kantor pusat, harapannya tahun ini selesai supaya project financingnya jelas," katanya.

Pertamina saat ini tengah mengembangkan Kilang Minyak Balikpapan. Pengembangan dilakukan demi meningkatkan kuantitas produk kilang BBM dan petrokimia, kualitas produk BBM dari standar euro II menjadi IV dan fleksibilitas pengolahan crude.
Pengembangan dilakukan dalam dua tahap. Khusus untuk tahap pertama pengembangan mulai dilakukan mulai tahun ini hingga 2023.
Pengembangan ini diperkirakan akan menelan investasi US$5,3 miliar. Djoko mengatakan dengan pengembangan tahap I ini diharapkan kapasitas Kilang Minyak Balikpapan yang saat ini hanya 260 ribu bisa ditingkatkan menjadi 360 ribu barel per hari.

Sumber : cnnindonesia.com

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Pelantikan Pengurus IKANOTAMA Periode 2019-2021 Pelantikan Pengurus IKANOTAMA Periode 2019-2021

23 September 2019, 07:04:36

Ikatan Alumni Program Studi Magister Kenotariatan (Prodi MKn) Universitas Narotama (IKANOTAMA) telah menetapkan struktur kepengurusan untuk periode 2019-2021. Pelantikan Pengurus IKANOTAMA Periode 2019-2021 dilakukan oleh Kaprodi MKn UNNAR Dr. Habib Adjie, SH, M.Hum yang berlangsung di Conference Hall pada Kamis, 19 September 2019. Pergantian pengurus IKANOTAMA dari Abdul Hamid, SH, MKn (ketua periode 2017-2019) kepada Rino Arief Rachman, SH, MH, ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Kiat Pilih Saham untuk Mahar Pernikahan
23 September 2019, 09:00:00

Kiat Pilih Saham untuk Mahar Pernikahan Jakarta -- Penyerahan mahar kerap menjadi bagian tak terpisahkan dari upacara pernikahan. Seiring perkembangan zaman, bentuk mahar yang diserahkan kepada mempelai wanita kian beragam, salah satunya berupa saham. Perencana keuangan dari .....

Facebook Sebut Bantu Pemerintah Soal Aturan Privasi Data
20 September 2019, 09:00:00

Facebook Sebut Bantu Pemerintah Soal Aturan Privasi Data

Manajer Kampanye Kebijakan untuk FacebookIndonesia, Noudhy Valdryno mengatakan pihaknya bakal terus bekerjasama dengan kementerian terkait untuk segera menetapkan aturan soal keamanan dan privasi data. "Tentunya terus kita bekerjasama, kita menghormati .....