go green
Recent Issues

Siklon Tropis Lili Bergerak dari Laut Timor ke Arah Kupang

Siklon Tropis Lili Bergerak dari Laut Timor ke Arah Kupang

17 Mei 2019, 09:00:01

Jakarta -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memantau siklon tropis Lili bergerak ke arah barat dari perairan Laut Timor, Jumat (10/5).

Berdasarkan laporan pemantauan per pukul 08.40 WIB, 10 Mei 2019, Siklon Tropis Lili saat ini sudah bergerak dan berada di sekitar 550 km sebelah Timur Kupang.

"Siklon tropis Lili itu tumbuh di Laut Timor pada 9 Mei 2019 pukul 10.00 WIB, dengan posisi koordinat pada 8.9 °LS-128.7°BT, berada di sekitar perairan Laut Timor atau Selatan Perairan Laut Banda, dan saat ini sudah berada di sebelah Timur Kupang," kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Stasiun El Tari Kupang, Ota Welly Jenni Thalo, seperti dikutip dari Antara.

Dia mengemukakan hal itu, berkaitan dengan perkembangan pergerakan siklon tropis Lili, dan dampaknya terhadap cuaca di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan wilayah berbasis kepulauan sekitarnya.

Lokasi siklon tersebut dengan tekanan di pusat siklon 999mb dengan kecepatan angin maksimum di pusat siklon 40 knot atau 75 km/jam.

Diprakirakan siklon tropis Lili akan bergerak ke barat-barat laut dengan kecepatan pergerakan siklon 3-4 knot menuju wilayah NTT.

Atas dasar itu, diprakirakan intensitas siklon akan melemah atau memasuki fase punah pada 11 Mei 2019 pukul 08.00 Wita.

Pada fase kepunahan tersebut, Jenni Thalo mengatakan diprakirakan siklon akan berubah menjadi tekanan rendah di wilayah NTT.

Walaupun begitu, terkait keberadaan siklon tropis tersebut menimbulkan ancaman cuaca ekstrem di wilayah Indonesia Timur dan Timor Leste. Hujan deras disebutkan berpeluang terjadi di wilayah Maluku bagian tenggara, NTT bagian timur, dan Timor Leste.

Selain angin dengan kecepatan di atas 25 knot atau 48 km/jam berpeluang terjadi di NTT, Maluku, dan Papua bagian selatan.

Ancaman lain adalah gelombang dengan ketinggian 2,5-4 meter berpeluang terjadi di Laut Banda bagian selatan, gelombang dengan ketinggian 4-6 meter berpeluang terjadi di Perairan Kepulauan Sermata-Leti-Kepulauan Babar-Tanimbar dan Laut Timor.

Sumber : cnnindonesia.com

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Fakultas Ilmu Komputer UNNAR Selenggarakan Lokakarya Manajemen Jaringan Fakultas Ilmu Komputer UNNAR Selenggarakan Lokakarya Manajemen Jaringan

15 Agustus 2019, 02:42:08

Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Universitas Narotama (UNNAR) bekerjasama dengan Belajar Mikrotik yang menyediakan sarana praktek berupa perangkat Mikrotik menyelenggarakan lokakarya "Network Management" di laboratorium FIK, Rabu (14/8/2019). Kegiatan ini dengan instruktur Benediktus Anindito, S.Kom, M.MT (dosen FIK bidang keahlian jaringan komputer) yang didukung pula oleh Axelbit dan Kelompok Linux Arek Surabaya (KLAS). Lokakarya ini digelar sekaligus sebagai tindak lanjut dari ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Pedemo Kembali, Seluruh Penerbangan dari Hong Kong Dibatalkan
15 Agustus 2019, 09:00:35

Pedemo Kembali, Seluruh Penerbangan dari Hong Kong Dibatalkan

Otoritas Bandara Hong Kong membatalkan seluruh penerbangan dari wilayah itu setelah demonstran kembali melumpuhkan bandara pada Selasa (13/8) sore. "Operasional Bandara Internasional Hong Kong sangat terganggu. Semua penerbangan keberangkatan telah dibatalkan," .....

Standar QR Code BI Resmi Berlaku Sabtu Kemarin
18 Agustus 2019, 09:00:56

Standar QR Code BI Resmi Berlaku Sabtu Kemarin Jakarta -- Bank Indonesia (BI) resmi memberlakukan standar pembayaran menggunakan kode unik dari bank sentral nasional bertajuk QR CodeIndonesia Standard (QRIS) mulai Sabtu (17/8) ini. Standar QR ini memungkinkan pembayaran .....

Jerat Mobil Berpolusi, Anies Rilis Aplikasi E-Uji Emisi
15 Agustus 2019, 09:00:35

Jerat Mobil Berpolusi, Anies Rilis Aplikasi E-Uji Emisi

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meluncurkan aplikasi e-uji emisi. Aplikasi aplikasi mobile berbasis Android ini menyediakan database hasil uji emisi kendaraan yang bisa dicek secara online oleh pemilik kendaraan dan petugas. Gubernur DKI .....