go green
Recent Issues

Operator Korsel Gandeng Nokia dan Ericsson Kembangkan 6G

Operator Korsel Gandeng Nokia dan Ericsson Kembangkan 6G

18 Juni 2019, 09:00:05

Operator telekomunikasi asal Korea Selatan, SK Telecom bekerja sama dengan Nokia dan Ericsson untuk melakukan penelitian dan pengembangan jaringan nirkabel 6G.

SK Telecom akan membuat serangkaian persyaraatan membangun dan mengauntentikasi teknologi dari jaringan nirkabel 6G.
"Kolaborasi antara perusahaan seperti ini akan menjadi penting karena teknologi dan standar untuk jaringan 6G belum didefinisikan secara jelas," kata perwakilan SK Telecom.
Penelitian dan pengembangan akan dilakukan mulai dari proses Ultra Reliable dan Low Lantency (URRLC), Distributed Multiple Input dan Multiple Output (MIMO) dan Artificial Intelligence (AI), pita 28GHz dan jaringan 5G Stand-Alone (SA) untuk diterapkan pada jaringan 6G mendatang.

Ericsson, Nokia, dan Samsung Electronic merupakan pemasok utama peralatan telekomunikasi jaringan 5G untuk SK Telecom.

Dilaporkan ZDNet, selain Ericsson dan Nokia, Samsung menyatakan akan mengadakan penelitian jarinagn 6G. Untuk mendukung upaya tersebut, perusahaan asal Korea Selatan ini telah memperluas tim riset telekomunikasi dan membentuk grup bernama Advanced Research Center yang berkantor di Seoul, Korea Selatan.
"Tim terkait standar teknologi telekomunikasi telah diperluas untuk memulai penelitian terkemuka di jaringan 6G," ucap perwakilan Samsung dikutip Tech Radardari kantor berita The Korea Herald.

Korea Selatan telah meluncurkan teknlogi seluler 5G pertama di dunia pada 5 April lalu. Peluncuran dilakukan setelah Korsel memenangkan perlombaan untuk menjadi yang pertama menyediakan pengalaman komunikasi super cepat bagi pengguna.
Pemerintah juga menyataan saat ini ada satu juta pengguna ponsel yang telah mengadopsi teknologi generasi kelima hanya dalam waktu 59 hari.

Kementerian Sains dan Teknologi Korea Selatan pun mengkonfirmasi bahwa jumlah pelanggan 5G di negaranya telah melebihi satu juta pengguna pada 10 Juni. Peningkatan pengguna 5G di Korea Selatan rata-rata mencapai 17 ribu pengguna tiap harinya dimulai pada 3 April lalu.
Selain itu kantor berita Yonhap menyebut total pelanggan 5G di Korea Selatan bakal mencapai 4 hingga 5 juta orang pada akhir 2019. Angka itu akan bertambah jika Samsung Galaxy Fold dan Samsung Note 10 disematkan teknologi 5G.



Sumber: CnnIndonesia

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Tiga Mahasiswa UNNAR Perkuat Futsal Putra Surabaya Juara Porprov Jatim 2019 Tiga Mahasiswa UNNAR Perkuat Futsal Putra Surabaya Juara Porprov Jatim 2019

20 Juli 2019, 04:17:58

Tiga mahasiswa Universitas Narotama (UNNAR) berperan besar buat tim futsal putra Surabaya menuju babak final untuk merebut medali emas Porprov Jatim VI 2019. Pada laga final, Surabaya menang 4-1 atas Kota Malang di Gajah Futsal Tuban, Sabtu (13/7/2019). Mereka adalah Bagas Arya Siswantoro (prodi Ilmu Hukum), Alfredo Sony Febryan (prodi Manajemen), dan Fernanda Dhanny Geraldine (prodi Manajemen). Futsal putra Surabaya ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Dua Pembobol Kantor Partai Berkarya Dibekuk
22 Juli 2019, 09:00:03

Dua Pembobol Kantor Partai Berkarya Dibekuk Surabaya -- Polisi meringkus dua orang yang diduga melakukan pembobolan dan pencurian kantor Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai BerkaryaKota Surabaya, di Jalan Kutisari, Surabaya. Kepala Unit Reserse Kriminal Polsek Tenggilis Mejoyo .....

Beasiswa Unggulan Kemendikbud Dibuka Sampai 9 Agustus 2019
22 Juli 2019, 09:00:03

Beasiswa Unggulan Kemendikbud Dibuka Sampai 9 Agustus 2019 Jakarta -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuka pendaftaran beasiswa unggulan Kemendikbud mulai 17 Juli hingga 9 Agustus 2019. Kepala Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri Kemendikbud, Suharti mengatakan beasiswa .....

OJK Sebut 46 Fintech Masuk Uji Izin Operasi
22 Juli 2019, 09:00:03

OJK Sebut 46 Fintech Masuk Uji Izin Operasi Jakarta -- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tengah memproses 46 perusahaan teknologi finansial (fintech) untuk masuk uji regulatory sandbox dalam rangka pemberian izin operasi. Sejumlah perusahaan fintech ini berasal dari berbagai .....

Tokopedia Akui Sulit Kontrol Peredaran Ponsel Ilegal
21 Juli 2019, 09:00:10

Tokopedia Akui Sulit Kontrol Peredaran Ponsel Ilegal

Tokopedia mengakui kesulitan untuk mengontrol peredaran produk ilegal, khususnya ponsel ilegal. Pasalnya, platform Tokopedia bersifat user generated content (UGC) alias para penggunalah yang mengunggah konten. Head of Category Browse .....