go green
Recent Issues

40 Tahun Usai Perang, Dampak Racun Masih Terasa

40 Tahun Usai Perang, Dampak Racun Masih Terasa

28 April 2015, 09:00:50

HANOI – Setelah empat puluh tahun setelah berakhirnya Perang Vietnam, efek bahan kimia yang digunakan oleh Amerika Serikat (AS) selama konflik yang berakhir pada 1975 itu masih dirasakan warga di sana.

Bahan kimia yang disebut sebagai agent orange tersebut digunakan oleh militer AS pada 1961 hingga 1971 itu digunakan untuk membersihkan area di sekitar instalasi militer Vietnam Utara serta menghancurkan tanaman sehingga memudahkan tentara AS untuk melakukan serangan.

Agent orange sangat beracun, bahan kimia ini dalam jumlah sedikit saja dapat menyebabkan penyakit, cacat lahir, dan cacat lainnya. Dampak ini tampak pada ribuan anak-anak yang lahir dengan mengalami cacat tubuh.

Sebagaimana dilaporkan Express, Selasa (28/4/2015), anak-anak Vietnam yang lahir cacat ini cenderung terdiskriminasi dalam hal pendidikan, kesehatan, dan fasilitas umum lainnya. Tidak hanya itu, beberapa bahkan ditelantarkan dan dianiaya.

Pekan ini menandai 40 tahun berakhirnya Perang Vietnam. Konsentrasi bahan kimia beracun itu pun telah berkurang hingga tingkatnya tidak terlalu terlihat. Tapi, lokasi-lokasi tempat agent orange dahulu disimpan, seperti markas tentara AS, masih terkontaminasi.

Di wilayah sekitar tempat penyimpanan tersebut racun telah meresap ke tanah dan memengaruhi rantai makanan. Warga lokal terkontaminasi racun saat memakan ayam atau ikan yang didapat di wilayah itu.
Sumber

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Universitas Narotama dan Dinas PUPR Pacitan Mengadakan Kerjasama Pelatihan Universitas Narotama dan Dinas PUPR Pacitan Mengadakan Kerjasama Pelatihan

17 Februari 2020, 03:23:11

Universitas Narotama (UN) dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pemerintah Kabupaten Pacitan mengadakan kerjasama untuk saling menunjang dalam melaksanakan pembangunan bangsa dan negara. Kerjasama tersebut diwujudkan dengan penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama (Memorandum of Understanding / MoU). MoU tersebut ditandatangani oleh Rektor Universitas Narotama Dr. Ir. H. Sri Wiwoho Mudjanarko, ST, MT, IPM dan Kepala Dinas PUPR Pemerintah Kabupaten ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Dilema Guru di Kalijaya, Antara Kelas dan Sawah
17 Februari 2020, 09:00:00

Dilema Guru di Kalijaya, Antara Kelas dan Sawah Jakarta -- Tatapannya lemah. Wajahnya tampak lelah. Raut mukanya tak berseri saat ditemui CNNIndonesia.com beberapa waktu lalu. Dia adalah Wardi, seorang Kepala Sekolah SDN 1 Kalijaya, Ciamis, Jawa Barat. Sudah setahun .....