go green
Recent Issues

Kemenhub Siagakan 378 Kapal untuk Arus Balik di H+7 Lebaran

Kemenhub Siagakan 378 Kapal untuk Arus Balik di H+7 Lebaran

15 Juni 2019, 09:00:09

Jakarta -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan telah menyiapkan 378 kapal laut guna mengantisipasi lonjakan penumpang yang tak terangkut di masa arus balik tujuh hari setelah Idul Fitri 1440 Hijriah, Kamis (13/6).

Ketua Harian Posko Tingkat Nasional Angkutan Lebaran Terpadu 2019 Kementerian Perhubungan, Ahmad, menuturkan ratusan kapal tersebut dikerahkan ke 51 pelabuhan di Indonesia.

"Untuk mengantisipasi penumpang tidak terangkut kami telah mengerahkan 378 kapal dengan berbagai kelas. Ini kami lakukan setiap tahun belajar dari arus mudik sebelum-sebelumnya," kata Ahmad saat ditemui di posko, Kamis (13/6).

Ahmad menuturkan insiden ini terjadi di Pelabuhan Batam. Dia menuturkan sebanyak 400 penumpang dari Pelabuhan Batam ke Tanjung Buton, Siak, tidak terangkut.

"Dari Batam ke Tanjung Buton ada 400 penumpang yang sempat tidak terangkut kemarin, kita berangkatkan menggunakan kapal negara. Alhamdulillah sudah selesai sekarang," paparnya.

Ahmad menuturkan insiden penumpang tidak terangkut ini kerap terjadi lantaran para pemudik tak memiliki tiket kapal.

Para penumpang tersebut, paparnya, sering datang langsung ke pelabuhan tanpa memegang tiket keberangkatan.

Padahal, menurut Ahmad, pemerintah terus mengimbau kepada seluruh pemudik yang ingin menggunakan jasa transportasi umum seperti kapal laut, kereta, dan bus untuk membeli tiket pulang-pergi jauh-jauh hari sebelum keberangkatan.

Hal itu, kata Ahmad, dilakukan demi mengantisipasi lonjakan penumpang di stasiun, terminal, dan pelabuhan.

"Jadi mereka datang ke pelabuhan atau terminal-terminal tanpa memiliki tiket. Pas sampai di pelabuhan, ternyata tiketnya habis. Maka dari itu, kami selalu mengimbau jauh-jauh hari kepada para pemudik untuk membeli tiket jauh sebelum hari keberangkatan dengan sistem online," kata Ahmad.

Sumber : cnnindonesia.com

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Fakultas Ilmu Komputer UNNAR dan Kanwil Kemenkumham Jawa Timur Sosialisasi Internet Positif ke Siswa Fakultas Ilmu Komputer UNNAR dan Kanwil Kemenkumham Jawa Timur Sosialisasi Internet Positif ke Siswa

18 Juli 2019, 01:59:57

Salah satu pilar dari Tri Dharma perguruan tinggi adalah pengabdian kepada masyarakat. Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Universitas Narotama (UNNAR) melakukan pengabdian masyarakat yang salah satu kegiatannya adalah berupa sosialisasi “Internet Positif” yang diselenggarakan bekerjasama dengan SMP Negeri 43 Surabaya, Selasa (16/7/2019). Kerjasama tersebut telah berlangsung selama 3 tahun. Bentuk kegiatan pengabdian masyarakat adalah memberikan penyuluhan kepada siswa baru di acara ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News