go green
Recent Issues

Gratis MDR QRIS Usaha Mikro Diperpanjang ke 31 Desember 2021

Gratis MDR QRIS Usaha Mikro Diperpanjang ke 31 Desember 2021

26 Februari 2021, 09:00:01

Jakarta -- Bank Indonesia (BI) kembali memperpanjang kebijakan gratis biaya transaksi nontunai yang dibebankan ke toko (Merchant Discount Rate/MDR) alias nol persen melalui saluran pembayaran QRIS bagi usaha mikro.

Semula, bank sentral nasional memperpanjang kebijakan ini dari berakhir 31 Desember 2020 menjadi 31 Maret 2021. Namun per hari ini, Kamis (18/2) diperpanjang lagi menjadi 31 Desember 2021.

"Memperpanjang MDR QRIS 0 persen bagi usaha mikro hingga 31 Desember 2021," kata Gubernur BI Perry Warjiyo saat mengumumkannya di konferensi pers bulanan secara virtual.

Perry mengatakan kebijakan ini sengaja diperpanjang untuk memberikan keringanan bagi sektor UMKM, khususnya usaha mikro. Pasalnya, mereka merupakan penopang ekonomi nasional.

"Dalam rangka mendukung pengembangan ekosistem ekonomi dan keuangan digital yang inklusif dan efisien khususnya UMKM dalam rangka mendorong pemulihan ekonomi," jelasnya.

Perry berharap perpanjangan kebijakan ini bisa semakin menarik para pengusaha mikro untuk menggunakan saluran pembayaran QRIS ke depan. Di saat yang bersamaan, BI menargetkan pengguna QRIS bisa tembus 12 juta merchant.

Tak hanya untuk pemulihan ekonomi, ia berharap kebijakan ini bisa memperkuat daya saing dan memberikan kemudahan bertransaksi bagi usaha mikro di tanah air.

"Untuk memperkuat daya saing produk UMKM domestik baik untuk penjualan dalam negeri maupun ekspor," tandasnya.

Sumber : cnnindonesia.com

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Universitas Narotama Selenggarakan Seminar Nasional dan Launching Konsorsium Pengelola Jurnal Pengabdian Universitas Narotama Selenggarakan Seminar Nasional dan Launching Konsorsium Pengelola Jurnal Pengabdian

14 April 2021, 15:12:11

Universitas Narotama (UN) Surabaya menyelenggarakan Seminar Nasional dan Launching Konsorsium Pengelola Jurnal Pengabdian dengan tema “Konektivitas Pengabdian Melalui Digitalisasi Jurnal di Era Pandemi Covid-19 untuk Kemajuan Bangsa” yang dilaksanakan secara daring dengan `zoom meeting` pada Jumat, 9 April 2021 pukul 08:45 – Selesai (waktu Surabaya). Kegiatan yang diikuti lebih dari 190 peserta ini menghadirkan pembicara Prof. Dr. Okid Parama Astirin, ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Jokowi Cuma Butuh 10 Hari Dapat Restu DPR Lebur Kemenristek
13 April 2021, 09:00:00

Jokowi Cuma Butuh 10 Hari Dapat Restu DPR Lebur Kemenristek Jakarta -- Presiden Joko Widodo cuma butuh waktu 10 hari untuk mendapat restu DPR RI melebur Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Jokowi mengajukan penghapusan Kemenristek .....

Perusahaan China Tencent Buat Data Center Pertama di RI
14 April 2021, 09:00:00

Perusahaan China Tencent Buat Data Center Pertama di RI Jakarta -- Perusahaan teknologi asal China Tencent Holdings, melalui anak perusahaan Tencent Cloud, resmi meluncurkan Internet Data Center (IDC) pertama mereka di Indonesia. Senior Vice President Tencent Cloud International Poshu Yeung .....