go green
Recent Issues

Linkaja Dipastikan Rilis 23 Juni, Jasa Marga dan KAI Gabung

Linkaja Dipastikan Rilis 23 Juni, Jasa Marga dan KAI Gabung

16 Mei 2019, 09:00:02

Jakarta -- Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memastikan peluncuran aplikasi pembayaran nontunai LinkAja akan dilakukan pada 23 Juni 2019 mendatang. Rilis aplikasi ini telah mundur dari jadwal semula pada Minggu (5/5) silam.

"Tanggal 23 Juni, kami matangkan dulu," ujar Deputi Jasa Keuangan, Survei dan Konsultasi Kementerian BUMN Gatot Trihargo, Kamis (9/5).

Menariknya, ia menuturkan bahwa PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) tengah dipertimbangkan untuk masuk sebagai pemegang saham LinkAja. Pasalnya, ia bilang jika Menteri BUMN Rini Soemarno menghendaki perusahaan plat merah dengan basis konsumen besar untuk ikut menggenggam saham LinkAja.

"Nanti Ibu Rini (Menteri BUMN Rini Soemarno) minta yang punya customer (konsumen) besar dipertimbangkan untuk punya saham, Jasa Marga, trafficnya bagus, lalu KAI," paparnya.

Kendati demikian, ia enggan menuturkan porsi saham bagi Jasa Marga dan KAI. Pun demikian, dengan porsi saham perusahaan BUMN lainnya yang menjadi pemegang saham LinkAja.

"Tidak ada yang mayoritas," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani mengamini rencana Kementerian BUMN mengajak serta perseroan sebagai pemilik saham LinkAja.

"Tadi kan (dibilang Pak Gatot)," tuturnya.

Ia mengatakan pihak Kementerian BUMN belum memberikan rincian besaran saham LinkAja yang akan menjadi milik Jasa Marga.

Sebelumnya, anggota Himpunan Bank Negara (Himbara) mengubah TCASH, dompet digital milik PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) menjadi LinkAja. Migrasi pengguna TCASH ke LinkAja pun sudah dilakukan sejak 22 Februari 2019.

Tak hanya Himbara dan Telkomsel, LinkAja juga melibatkan PT Pertamina (Persero) dan beberapa perusahaan pelat merah lainnya. Walhasil, LinkAja bisa dianggap sebagai dompet digital milik BUMN. Dalam hal ini, PT Fintek Karya Nusantara alias Finarya ditunjuk sebagai pengelola bisnis tersebut.

Direktur Utama Finarya Danu Wicaksana pernah menyatakan dapat merilis dompet elektronik di dalam aplikasi LinkAja pada semester I 2019. Artinya, pengguna bisa menikmati fitur tersebut paling lambat Juni 2019.

Sumber : cnnindonesia.com

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Fakultas Ilmu Komputer UNNAR Selenggarakan Lokakarya Manajemen Jaringan Fakultas Ilmu Komputer UNNAR Selenggarakan Lokakarya Manajemen Jaringan

15 Agustus 2019, 02:42:08

Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Universitas Narotama (UNNAR) bekerjasama dengan Belajar Mikrotik yang menyediakan sarana praktek berupa perangkat Mikrotik menyelenggarakan lokakarya "Network Management" di laboratorium FIK, Rabu (14/8/2019). Kegiatan ini dengan instruktur Benediktus Anindito, S.Kom, M.MT (dosen FIK bidang keahlian jaringan komputer) yang didukung pula oleh Axelbit dan Kelompok Linux Arek Surabaya (KLAS). Lokakarya ini digelar sekaligus sebagai tindak lanjut dari ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Pedemo Kembali, Seluruh Penerbangan dari Hong Kong Dibatalkan
15 Agustus 2019, 09:00:35

Pedemo Kembali, Seluruh Penerbangan dari Hong Kong Dibatalkan

Otoritas BandaraHong Kong membatalkan seluruh penerbangan dari wilayah itu setelah demonstran kembali melumpuhkan bandara pada Selasa (13/8) sore. "Operasional Bandara Internasional Hong Kong sangat terganggu. Semua penerbangan keberangkatan telah dibatalkan," .....

Standar QR Code BI Resmi Berlaku Sabtu Kemarin
18 Agustus 2019, 09:00:56

Standar QR Code BI Resmi Berlaku Sabtu Kemarin Jakarta -- Bank Indonesia (BI) resmi memberlakukan standar pembayaran menggunakan kode unik dari bank sentral nasional bertajuk QR CodeIndonesia Standard (QRIS) mulai Sabtu (17/8) ini. Standar QR ini memungkinkan pembayaran .....

Jerat Mobil Berpolusi, Anies Rilis Aplikasi E-Uji Emisi
15 Agustus 2019, 09:00:35

Jerat Mobil Berpolusi, Anies Rilis Aplikasi E-Uji Emisi

Pemerintah Provinsi DKIJakarta meluncurkan aplikasi e-uji emisi. Aplikasi aplikasi mobile berbasis Android ini menyediakan database hasiluji emisi kendaraan yang bisa dicek secara online oleh pemilik kendaraan dan petugas. Gubernur DKI .....