go green
Recent Issues

Ahli Keamanan Siber Ungkap Cara Kerja Ikea Tipu-tipu

Ahli Keamanan Siber Ungkap Cara Kerja Ikea Tipu-tipu

26 Mei 2019, 09:00:01

Security Technical Consultant Prosperita ESET Indonesia Yudhi Kukuh mengatakan masih banyak masyarakat yang menjadi korban penipuan melalui tautan (link) phising. Hal ini terjadi lantaran masyarakat tidak memperhatikan alamat situs tipu-tipu, seperti kasus iklan scam yang mengatasnamakan toko furnitur Ikea.
"Yang sudah pasti kalau situs blogspot itu sudah tidak bisa dipercaya, misal klik salah satu situs e-commerce lalu tiba-tiba di-direct ke blogspot. Itu sudah tidak benar," kata Yudhi kepada awak media di Harris Cafe, Jakarta, Rabu (15/5).
"Kan yang terakhir lagi ramai soal Ikea di Instagram, itu soal phising. Masyarakat tidak perhatikan domain Ikea itu."

Yudhi sempat mencontohkan bagaimana cara kerja pelaku ketika melakukan aksi penipuan. Biasanya, pelaku berhasil menguasai alamat surel salah satu pejual e-commerce.
Setelah menguasai alamat surel penjual, pelaku akan memasukkan barang-barang yang diincar pelanggan. Di sisi lain, pelanggan tidak teliti dengan alamat situs sehingga membuat pelanggan mudah bertransaksi melalui link phising tersebut.
Yudhi mengungkapkan kecurigaan lain dari kasus penipuan link phising ini yakni pola komunikasi yang dilakukan penjual dengan pembeli. Berbeda dengan yang dilakukan oleh toko resmi, Ikea.
"Kalau kita order di e-commerce mana pun semua data pelanggan pasti ada di penjual untuk melakukan komunikasi. Yang dilakukan pelaku ini berkomunikasi via WhatsApp," sambungnya.
Menurutnya, pola komunikasi langsung antara penjual yang mengatsnamakan penjual bukan menjadi tanggung jawab perusahaan e-commerce tersebut.
Yudhi menambahkan, saat ini perusahaan e-commerce di Indonesia telah mengimbau para pelanggannya untuk tidak melakukan komunikasi secara pribadi kepada penjual.
"Di semua e-commerce kan suda diimbau jangan pernah komunikasi langsung, jangan pernah transfer langsung ke nomor rekening seller. Semua e-commercesudah mengimbau, hal yang begini kita harus aware juga," pungkasnya.

Sebelumnya, seorang pengguna Adrianus F. Tumewu membuat konten Instagram Stories yang menunjukkan kalau ada iklan promo Ikea palsu yang tampil di Instagram. Iklan itu memberikan iming-iming diskon hingga 50 persen produk membel Ikea.
Mereka bahkan menipu dengan membuat situs yang mirip dengan situs Ikea. Namun, ada beberapa hal yang janggal dari situs itu. Pertama dari URL atau alamat situs www.ikea-id.com sementara alamat situs asli adalah www.ikea.co.id.
Selain itu, situs palsu itu juga dirancang khusus untuk pengguna ponsel sehingga tampilan situs akan berantakan ketika dibuka di laptop. Adrianus bahkan mengecek ke situs hosting untuk menemukan kapan alamat www.ikea-id.com dibuat. Diketahui alamat itu baru didaftarkan 7 Maret 2019.



Sumber: CnnIndonesia

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Pelantikan Pengurus IKANOTAMA Periode 2019-2021 Pelantikan Pengurus IKANOTAMA Periode 2019-2021

23 September 2019, 07:04:36

Ikatan Alumni Program Studi Magister Kenotariatan (Prodi MKn) Universitas Narotama (IKANOTAMA) telah menetapkan struktur kepengurusan untuk periode 2019-2021. Pelantikan Pengurus IKANOTAMA Periode 2019-2021 dilakukan oleh Kaprodi MKn UNNAR Dr. Habib Adjie, SH, M.Hum yang berlangsung di Conference Hall pada Kamis, 19 September 2019. Pergantian pengurus IKANOTAMA dari Abdul Hamid, SH, MKn (ketua periode 2017-2019) kepada Rino Arief Rachman, SH, MH, ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Kiat Pilih Saham untuk Mahar Pernikahan
23 September 2019, 09:00:00

Kiat Pilih Saham untuk Mahar Pernikahan Jakarta -- Penyerahan mahar kerap menjadi bagian tak terpisahkan dari upacara pernikahan. Seiring perkembangan zaman, bentuk mahar yang diserahkan kepada mempelai wanita kian beragam, salah satunya berupa saham. Perencana keuangan dari .....

Facebook Sebut Bantu Pemerintah Soal Aturan Privasi Data
20 September 2019, 09:00:00

Facebook Sebut Bantu Pemerintah Soal Aturan Privasi Data

Manajer Kampanye Kebijakan untuk FacebookIndonesia, Noudhy Valdryno mengatakan pihaknya bakal terus bekerjasama dengan kementerian terkait untuk segera menetapkan aturan soal keamanan dan privasi data. "Tentunya terus kita bekerjasama, kita menghormati .....