go green
Recent Issues

Bomber Nuklir AS Bakal Mangkal di Australia

Bomber Nuklir AS Bakal Mangkal di Australia

10 Maret 2016, 20:28:07

CANBERRA – Amerika Serikat (AS) tengah melakukan negosiasi dengan Australia untuk menggilir pesawat pengebom jarak jauh dan pesawat tanker, termasuk jenis Rockwell B-1 Lancer yang mampu membawa senjata nuklir. Tahun lalu, Australia membantah pernyataan pejabat AS mengenai rencana ini.
“Kami dalam proses pembicaraan mengenai rotasi pasukan, bomber dan tanker dari Australia dan memberikan kesempatan untuk berlatih bersama dengan Australia,” kata Komandan Angkatan Udara AS di Pasifik, Jenderal Lori Robinson seperti dikutipAustralia Broadcasting Corporation, Kamis (10/3/2016).
Pesawat pengebom itu akan diterima secara rutin di Pangkalan Udara Tindal dan Darwin di Australia Utara. Selain Bomber B-1, AS kemungkinan juga akan memperluas misi bomber B-52 dari Australia yang saat ini telah berlangsung.
Menteri Pertahanan Australia Marise Payne mengakui jika hal ini disepakati, maka Angkatan Udara AS akan memiliki pengaruh yang lebih besar di Negeri Kanguru.
“Enhanced Air Cooperation Initiative (Perkuatan Inisiatif Kerjasama Udara), yang merupakan bagian dari inisiatif Force Posture, sedang dalam pengembangan dan akan menghasilkan pertukaran elemen AU AS melalui Australia Utara,” ujar Marise.
Sementara Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull menolak berkomentar mengenai hal ini.
Rencana pertukaran pasukan ini diumumkan di tengah ketegangan yang semakin meninggi antara AS dengan mitra dagang terbesar Australia, China di wilayah Pasifik terutama di Laut China Selatan. Sebagaimana diketahui, Beijing tengah bersengketa dengan beberapa negara terkait klaim sekelompok pulau di kawasan itu.
Meski AS sendiri tidak memiliki klaim teritorial di sana, Washington DC berkeras daerah itu harus menjadi sebuah wilayah internasional yang aksesnya, tidak dapat dibatasi oleh salah satu negara.
Untuk menegaskan sikapnya itu, kapal perang dan pesawat AS lalu lalang di perairan dan wilayah udara yang diklaim China, sebuah langkah yang dianggap provokatif oleh Beijing.

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Dosen UNNAR Jadi Pembicara International Business Integrity Conference (IBIC) Dosen UNNAR Jadi Pembicara International Business Integrity Conference (IBIC)

15 Desember 2018, 02:53:41

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Narotama (UNNAR) Dr. Reswanda, S.Pi, MM menjadi salah satu pembicara dalam International Business Integrity Conference (IBIC) 2018 yang berlangsung di Jakarta, 4-5 Desember 2018. Acara dengan tema “Take Action to Build Business Integrity” ini dihadiri oleh 1030 peserta dari berbagai sektor. Reswanda tampil di acara tersebut dalam kapasitasnya selaku ketua Komite Advokasi Daerah ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News