go green
Narotama News & Events

Lembaga Sertifikasi Profesi UNNAR Kembali Mendapatkan Hibah BNSP

Lembaga Sertifikasi Profesi UNNAR Kembali Mendapatkan Hibah BNSP

29 Juni 2019, 01:41:04

Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Universitas Narotama (UNNAR) kembali mendapatkan hibah penyelenggaraan dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). LSP yang sudah berdiri sejak 2014 itu sudah dua tahun berturut-turut mendapatkan hibah dari BNSP. Hibah dari BNSP tersebut tentu sangat membantu untuk pelaksanaan ujian sertifikasi profesi yang dilakukan LSP Narotama.
Menurut Direktur LSP Narotama, Natalia Damastuti, ST, MT, hibah tersebut berhasil didapatkan LSP Narotama karena beberapa keunggulan yang dimiliki. Antara lain adalah memiliki 25 skema sertifikasi profesi untuk 5 fakultas yang ada di Universitas Narotama dengan 52 asesor internal maupun eksternal. LSP Narotama juga termasuk yang selalu update laporan kegiatan di laman website BNSP.
“Sertifikat kompetensi sebagai pendamping ijazah sudah diatur dalam peraturan pemerintah sejak 2014. Setiap lulusan wajib memiliki ijazah, transkrip, dan sertifikat kompetensi. Itu juga latar belakang Universitas Narotama membentuk LSP di bawah BNSP,” kata wanita yang akrab disapa Lia itu.
Sertifikat kompetensi yang didapatkan mahasiswa dari LSP Narotama tidak hanya bisa digunakan sebagai pendukung ijazah untuk melamar pekerjaan di dalam negeri, tetapi juga bisa digunakan untuk melamar pekerjaan di negara-negara se-ASEAN.
“Karena sudah ada perjanjian se-ASEAN yaitu Mutual Recognition Arrangement (MRA), sehingga sertifikat itu diakui untuk melamar pekerjaan di negara ASEAN,” jelas dosen Fakultas Ilmu Komputer UNNAR itu.
25 skema yang dimiliki LSP Narotama itu terdiri atas 5 skema untuk Fakultas Teknik, 2 skema Fakultas Hukum, dan masing-masing 9 skema untuk Fakultas Ilmu Komputer dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis.
“Setiap tahun kami selalu memiliki target untuk menambah skema sesuai dengan kebutuhan industri dan capaian program studi. Sehingga diharapkan dapat menjamin mutu lulusan, karena mereka sudah memiliki kompetensi sesuai bidangnya,” tutur Lia.
Selanjutnya, LSP Narotama menargetkan untuk menambah skema untuk mahasiswa Pascasarjana. [humas]

Foto: Suasana pelaksanaan Uji Kompetensi Skema Baru pada saat kegiatan penyaksian (Witness) oleh asesor BNSP yang berlangsung di Conference Hall UNNAR belum lama ini.

print  word  pdf

 

Kendala Bahasa Jadi Penyemangat Mahasiswa UNNAR Jalani `Student Exchange` di Taiwan Kendala Bahasa Jadi Penyemangat Mahasiswa UNNAR Jalani `Student Exchange` di Taiwan

19 Juli 2019, 08:05:41

Ulfa Alvianti dan Firman Ardiansyah, mahasiswa Universitas Narotama (UNNAR) yang baru saja pulang dari student exchange mereka di National University of Kaohsiung (NUK) Taiwan selama 1 semester, membagikan cerita dan pengalamannya. Mereka berdua tampak ceria meskipun ternyata mereka sempat mengalami beberapa kesulitan selama di Taiwan. “Kesulitannya sebagian besar adalah karena faktor bahasa. Meskipun di kelas semuanya menggunakan bahasa Inggris, tapi kami ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

BI Optimis Bank Segera Pangkas Bunga Kredit
19 Juli 2019, 09:00:03

BI Optimis Bank Segera Pangkas Bunga Kredit Jakarta -- Bank Indonesia (BI) optimistis Perbankan segera ikut menurunkan bunga kredit usai keputusan penurunan suku bunga acuan yang diambil pada hari ini, Kamis (18/7). Transmisi penurunan bunga diharapkan mampu .....

Airlangga Sebut Target Investasi Mobil Listrik Capai Rp100 T
19 Juli 2019, 09:00:00

Airlangga Sebut Target Investasi Mobil Listrik Capai Rp100 T

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Kamis (18/7), mengungkap, total investasi dari dua produsen otomotif, Toyota dan Hyundai, yang bakal diberikan ke Indonesia .....