go green
Narotama News & Events

Tim Sinar UNNAR Meraih Juara 1, 2, 3 dan “Best University” dalam Balsa Bridge Challange National 2018

Tim Sinar UNNAR Meraih Juara 1, 2, 3 dan “Best University” dalam Balsa Bridge Challange National 2018

21 November 2018, 03:30:04

Tim Sinar mahasiswa prodi Teknik Sipil Universitas Narotama (UNNAR) berhasil `sapu bersih` piala Balsa Bridge Challange National yang diselenggarakan oleh Keluarga Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Surakarta pada Jumat–Sabtu, 9–17 November 2018. Pada final lomba dengan tema “Be Creative To Build A Strong And Efficient Bridge” ini, tim-tim mahasiswa Teknik Sipil UNNAR menduduki peringkat 1, 2, dan 3 dari semua peserta.
UNNAR juga mendapatkan predikat “Best University” dalam lomba tersebut. Hal ini dikarenakan dari 15 tim peserta yang lolos maju di babak final, 6 tim (terbanyak) berasal dari UNNAR. Juara 1 diraih tim Legend of Sinar (Moch Faisol, Adhitya Bayu Pratama, Muhammad Ainur Rouf), Juara 2 diraih tim Sinar Dunia (Ramdhana Sangyang A, Joko Suseno, Ganang Ilham Gutomo), dan Juara 3 diraih tim Sinar Amuba (Ihwal Fauzi MB, Muftafik Ariansyah, Iswatun Chasanah).
Diyah Ayu Restuti Wulandari, ST, MT selaku dosen pembimbing tim mengatakan, Balsa Bridge Challange National adalah suatu perlombaan dimana peserta diharuskan merancang struktur jembatan terbaiknya menggunakan material kayu balsa dengan berbagai macam ketentuan yang diberikan meliputi berat jembatan, bahan dan ukuran kayu balsa yang diperolehkan. Penilaian didasarkan bagaimana sebuah beban tertentu mampu ditahan oleh kontruksi jembatan tersebut, metode yang digunakan untuk penilaian adalah dengan mencari efisiensi terbesar dari semua tim yang mengikuti perlombaan.
Final lomba Balsa Bridge Challange National diikuti 15 tim dari beberapa perguruan tinggi di Indonesia baik negeri maupun swasta. 15 tim yaitu Legend Of Sinar (UNNAR), Sinar Achindra (UNNAR), The Last Engineer’14 (Universitas Muhammadiyah Surakarta), Sinar Amuba (UNNAR), Sinar Wasa (UNNAR), V3 Reborn (Institut Teknologi Sepuluh Nopember), Doa Ibu (Universitas Sultan Agung Semarang), Sunrise Delight (Universitas Negeri Surabaya), K.A.I Cube (Universitas Muhammadiyah Surakarta), Sunrise Wani (Universitas Negeri Surakarta), Ddu Ddu Ddu Logawa (Universitas Jember), Sinar Dunia (UNNAR), Sutera Banana (Universitas Negeri Semarang), Sinar Makmur (UNNAR), dan Gema Logawa (Universitas Jember). [nar]

Foto : Tim Sinar mahasiswa prodi Teknik Sipil UNNAR saat meraih juara dan mendapatkan piagam kejuaraan 1, 2, 3 dan Best University di Universitas Muhammadiyah Surakarta, Sabtu (17/11/18).

print  word  pdf

 

Seminar Nasional Tantangan Mahasiswa di Era Industri 4.0 Seminar Nasional Tantangan Mahasiswa di Era Industri 4.0

18 Desember 2018, 03:52:43

Anggota Komisi X DPR RI, Arzetti Bilbina, SE, M.AP mengajak generasi muda untuk memanfaatkan hasil teknologi semaksimal mungkin sebagai peluang untuk menciptakan inovasi dan berkreasi, sehingga tidak perlu mencemaskan akan tergilas peradaban pada era revolusi industri 4.0. “Justru harus mampu menciptakan lapangan pekerjaan baru,” kata Arzetti Bilbina di hadapan para mahasiswa saat menjadi narsumber dalam Seminar Nasional Industri 4.0 yang ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News