go green
Narotama News & Events

Workshop Tata Kelola Jurnal Ilmiah Bersama RJI di UNNAR

Workshop Tata Kelola Jurnal Ilmiah Bersama RJI di UNNAR

30 Juli 2018, 00:58:12

Universitas Narotama (UNNAR) menjadi tempat kegiatan pamungkas Relawan Jurnal Indonesia (RJI) yang mengadakan roadshow “Goes to Jawa Timur dan NTB”. Acara yang berlangsung di Conference Hall UNNAR, Kamis (26/7/2018), diikuti sekitar 100 peserta dari perguruan tinggi di Jawa Timur, DKI Jakarta, hingga Sumatera. Antusias peserta tersebut patut diapresiasi, mengingat target awal dari panitia penyelenggara hanya berkisar 60 peserta. Kegiatan roadshow RJI di Jawa Timur dan NTB dilaksanakan bulan Juli dan Agustus 2018.
Tutor workshop terdiri atas M Tanzil M, Agung Widodo, Zulydiana, Rony Wardhana, Utama Alan Deta, Benediktus, dan Siti Mutrofin. Materi yang diberikan antara lain: RJI Selaku Sponsoring Organization Crossref, Layanan Crossref, Kebijakan Akreditasi Jurnal Ilmiah Terbaru, Tata Kelola Jurnal Ilmiah OJS 2 dan 3. Selanjutnya tentang Setting DOI, Plagiarism Cek, dan Crossmark (cara retraction, erratum, dan corigendum sesuai COPE), serta Bedah Jurnal dan Custom.
“Materi yang kami bahas cukup kompleks, agar para pengelola jurnal mendapatkan manfaat secara komprehensif dan lengkap,” kata Zulydiana.
RJI memberikan fasilitas berupa pemikiran dan tenaga terkait pengelolaan jurnal elektronik kepada pengelola jurnal lain di perguruan tinggi, badan penelitian dan lainnya di seluruh Indonesia. Banyaknya pengelola jurnal yang belum familiar terhadap pengelolaan jurnal elektronik, membuat RJI fokus membantu pengelola jurnal untuk menerapkan kebijakan pemerintah, yaitu akreditasi jurnal dilakukan secara online melalui sistem ARJUNA.
Dalam roadshow ini, tim ahli RJI menjelaskan fasilitas yang disediakan RJI yaitu pendampingan bagi jurnal yang belum online agar bisa segera bertransformasi menjadi jurnal yang dikelola secara online atau sudah memiliki portal e-jurnal. Pendampingan pada para pengelola jurnal untuk mengaplikasikan proses pengelolaan jurnal secara elektronik menggunakan platform Open Journal System (OJS), dan pendampingan kepada jurnal-jurnal di Indonesia yang akan mengajukan akreditasi, sehingga para pengelola jurnal siap untuk mengajukan jurnalnya untuk proses akreditasi Jurnal. [neng,nar]
Foto: 100 peserta mengikuti workshop Tata Kelola Jurnal Ilmiah yang diselenggarakan oleh Relawan Jurnal Indonesia di Conference Hall UNNAR, Kamis (26/7/2018).

print  word  pdf

 

Mahasiswa UNNAR Meraih 4 Medali di Kejuaraan Selam Pekan Olahraga Daerah XIII Jawa Barat Mahasiswa UNNAR Meraih 4 Medali di Kejuaraan Selam Pekan Olahraga Daerah XIII Jawa Barat

17 Oktober 2018, 02:40:52

Ichwan Ramadhan Mulyono, mahasiswa Manajemen (FEB) Universitas Narotama (UNNAR) meraih 4 (empat) medali Kejuaraan Selam Pekan Olahraga Daerah XIII Jawa Barat yang berlngsung pada 6–15 Oktober 2018 di Kolam Akuatik Hotel Seruni, Puncak-Kabupaten Bogor. Ichwan Ramadhan berhasil meraih dua medali emas (200 M bifin dan 400 M bifin), 1 medali perak (4x100 estafet bifin), dan 1 medali perunggu (4x200 mono). ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News